Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rutin Makan Ikan Turunkan Risiko Eksim dan Asma pada Anak

KOMPAS.com - Menambahkan ikan ke dalam menu makan anak-anak sejak dini, dapat memberikan perlindungan terhadap kondisi kesehatan tertentu.

Sebuah studi baru menunjukkan, anak-anak harus mulai makan ikan pada usia satu tahun, setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Para peneliti di NTNU atau Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menemukan, bahwa paparan ikan di awal kehidupan dapat mengurangi risiko masalah kulit eksim, mengi, dan asma pada anak-anak. Bahkan, semua jenis ikan memberikan manfaat kesehatan yang sama.

Para peneliti menganalisis data lebih dari 4.000 keluarga yang berpartisipasi dalam survei alergi anak yang disebut Pencegahan Alergi di antara Anak-anak di Trondheim. Studi ini meneliti konsumsi ikan ibu dan anak sejak tahun 2000.

Tim peneliti juga mengamati perkembangan eksim, asma, dan demam pada anak-anak.

“Kami membandingkan anak-anak yang makan ikan setidaknya sekali seminggu sampai mereka berusia dua tahun dengan anak-anak yang mengonsumsi ikan lebih sedikit dari itu,” kata Torbjørn Øien, penulis studi di Departemen Kesehatan dan Keperawatan NTNU.

Temuan yang diterbitkan dalam MDPI, menunjukkan bahwa konsumsi ikan di masa kanak-kanak mengurangi terjadinya eksim, asma, dan demam sebesar 28 persen hingga 40 persen.

Menurut Melanie Rae Simpson, penulis studi senior dan rekan postdoctoral di Departemen Kesehatan dan Keperawatan Publik, mengonsumsi semua jenis ikan, termasuk ikan berlemak, berkontribusi terhadap penurunan tersebut,

Para peneliti juga memerhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin berperan dalam menurunkan risiko, seperti status sosial ekonomi.

Mereka mencatat, bahwa mungkin ada alasan lain, anak-anak yang makan lebih banyak ikan tetap sehat dibandingkan dengan peserta lain.

"Sejalan dengan meta-analisis sebelumnya dari beberapa studi, kami menemukan bahwa mengonsumsi ikan pada usia satu tahun, tampaknya mengurangi risiko eksim, asma, dan mengi pada usia enam tahun," kata Øien.

"Ini lebih penting daripada asupan ikan dan minyak ikan cod ibu selama kehamilan dan menyusui atau asupan anak pada dua tahun, yang tampaknya tidak memiliki efek perlindungan yang sama," pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/13/222554620/rutin-makan-ikan-turunkan-risiko-eksim-dan-asma-pada-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke