Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Back to 90s", Ada Panel Boombox di Jam Tangan Terbaru G-Shock

Piranti elektronikyang diproduksi oleh banyak merek dunia tersebut, umumnya memiliki satu kekhasan bentuk. 

Biasanya ada dua speaker besar berdampingan, dengan tombol-tombol fungsional dan panel indikator berwarna-warni di sekitarnya. 

Di jamannya, boombox tak sekadar alat pemutar musik, tapi menjadi semacam simbol gaya hidup dan pergaulan.

Kotak besar yang mampu memutar musik dengan suara keras meski berkuatan baterai itu, menjadi ornamen wajib di tengah kerumunan anak muda pada jamannya.

Berkembangnya musik hip-hop pada era itu pun, membuat boombox menjadi salah satu penanda fesyen, selain pakaian gombrang yang cenderung berwarna-warni.

Kini, setelah lebih dari dua dekade berlalu, kemasyuran boombox kembali dibangkitkan dengan hadirnya koleksi jam tangan terbaru Casio, G-Shock.

Ya, perusahaan elektronik asal Jepang tersebut memperkenalkan serangkaian jam tangan analog-digital G-Shock, yaitu seri GA-140 yang dirancang dengan cita-rasa retro 90an.

Serangkaian jam tangan ikonik G-Shock tersebut memiliki desain dial yang inspirasinya diambil dari boombox.

Perbedaan mendasar pada arloji ini, dibanding varian sejenis GA-100 dan GA-110 ada pada desain bagian dial, alias permukaan jam tangan.

Di sana terdapat dua buah panel digital berbentuk lingkaran, yang ditempatkan di posisi jam 12 dan 6. Lalu indikator analog yang juga berbentuk sama, ditempatkan di posisi jam 3.

Ketiga lingkaran di dalam permukaan jam itu masing-masing memiliki fungsi sebagai panel monitor hari/tanggal, stopwatch detik, hingga milidetik.

Lalu, masih ada empat bidang digital berbentuk balok di sekitar ketiga lingkaran itu, yang membentuk pola grafis dengan sentuhan warna-warni.

"Sekarang coba bandingkan dengan penampakan dial ini, dengan model panel pada boombox, pasti langsung kelihatan inspirasinya datang dari mana."

Begitu kata Riry Silalahi, Marketing Manager, Casio Singapore Pte., Ltd, Jakarta Representative Office, kepada Kompas.com, saat peluncuran koleksi GA-140, di kawasan Senopati, Jakarta, Rabu (31/10/2019).

'Panel analog di posisi jam 3 misalnya, berfungsi sebagai stopwatch 1/1000 dengan kemampuan chronographic, termasuk di dalamnya elapsed time, split time, dan lap time," kata dia.

GA-140 pun tetap mempertahankan ketangguhan dan ketahanannya terhadap guncangan, serta daya tahan tekanan hingga kedalaman 200 meter, serta lampu LED untuk penerangan.

“Kesan 90an pada GA-140 juga diperkuat oleh adanya layar LCD di sekeliling jarum jam dan menit, yang diadaptasi dari gadget digital retro,” tambah Riry.

Riry menyebut, GA-140 dirilis dengan lima pilihan warna yaitu hitam, biru, merah-abu, ungu, dan hitam dengan aksen merah dan jingga.

Arloji GA-140 dibandrol dengan harga ritel tertinggi Rp2.079.000, dan kini telah tersedia di toko-toko resmi Casio di seluruh Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/31/144033620/back-to-90s-ada-panel-boombox-di-jam-tangan-terbaru-g-shock

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke