Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan Ini jika Pasangan Ketahuan Selingkuh

KOMPAS.com - Bagi setiap pihak yang menjalin hubungan, komitmen untuk saling setia tentu sangat diidamkan. Namun sayangnya, perselingkuhan masih kerap terjadi pada banyak pasangan.

Mengetahui pasangan tidak setia dan berselingkuh, tentu menjadi mimpi buruk. Kamu pun mungkin kebingungan untuk menentukan langkah selanjutnya, jika pasangan ketahuan selingkuh.

Apa pun alasan pasangan berselingkuh, menjaga agar diri tak terpuruk harus bisa dilakukan. Beberapa tips ini diharapkan dapat membantu bila pasangan ketahuan selingkuh dan mengingkari janji yang telah dijalin.

1. Menerima perasaan "negatif" yang muncul

Pasangan yang ketahuan selingkuh tentu menimbulkan kesedihan mendalam. Perasaan kecewa, terluka, bingung dengan kondisi yang terjadi, bahkan gejala depresi, wajar dirasakan. 

Penting untuk diingat, perasaan tersebut harus kamu terima. Walau berusaha memaafkan pasangan, perasaan "negatif" tersebut tak akan hilang begitu saja. Terima dengan lapang dada bahwa kamu memang sedang bersedih dengan kondisi ini.

2. Cari cara untuk menjaga diri sendiri

Selain reaksi emosional, kondisi fisik juga rentan terganggu pasca-pasangan ketahuan selingkuh. Gangguan fisik tersebut dapat berupa mual, gangguan pencernaan, gangguan tidur, tergoncang, hingga gangguan makan.

Setelah dapat melewati shock berat di awal, lakukan usaha-usaha untuk tetap menjaga diri. Misalnya, mengonsumsi makanan bergizi, tidur secara teratur, minum air putih secukupnya, serta berolahraga.

Mengajak sahabat untuk bertamasya dan liburan, atau melakukan solo traveling, juga bukan menjadi masalah.

Mungkin terasa berat, tetapi kamu dapat melakukan usaha terbaik untuk menghadapi hal ini.

3. Hindari balas dendam

Dikhianati pasangan tentu memunculkan amarah pada diri sendiri. Namun, jangan biarkan amarah dan emosi tersebut memancingmu untuk melakukan balas dendam.

Misalnya, hindari membocorkan tabiat buruknya di media sosial, atau berbalik selingkuh dengan orang lain.

Kepuasan setelah melakukan hal tersebut hanyalah sementara. Selain itu, tindakan balas dendam tidak mampu membuat kita pulih dari rasa kecewa setelah pasangan ketahuan selingkuh.

4. Menjauhkan anak dari topik perselingkuhan pasangan

Situasi yang pahit ini tidak seharusnya melibatkan anak. Membagikan detail mengenai perselingkuhan tersebut hanya memberatkan mental anak-anak, dan berisiko membuat mereka terpaksa harus memilih antara kamu dan pasangan.

5. Mencari bantuan profesional

Kamu mungkin tak mampu menjalani momen pahit ini sendirian, dengan pikiran keruh yang mendera.

Sebelum mengambil keputusan untuk berpisah dari pasangan, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan konselor pernikahan bersama pasangan. Dengan demikian, kamu dan pasangan bisa mendapat pandangan yang obyektif dari konselor.

6. Merancang rencana berikutnya

Pilihan untuk berpisah dari pasangan atau tetap hidup bersamanya, ada di tanganmu. Namun, jika memutuskan untuk mengakhiri hubungan, kamu harus merencanakan hal-hal penting ke depannya.

Misalnya, mencari tempat tinggal baru, membicarakan perjanjian hak asuh anak, hingga pembagian harta.

Kamu juga disarankan untuk menjalani pemeriksaan infeksi menular seksual, termasuk tes HIV, jika pasangan ketahuan selingkuh yang disertai dengan hubungan seks.

Situasi sulit yang mungkin juga akan dihadapi, setelah pasangan ketahuan selingkuh, adalah memaafkannya atau tidak.

Keputusannya ada di tanganmu untuk tetap melanjutkan hubungan atau tidak. Sebelum memutuskannya, pikir dua kali jika kondisi-kondisi berikut terjadi.

  • Pasangan ketahuan selingkuh dengan mantannya
  • Perselingkuhan terjadi dalam waktu yang lama
  • Pasangan tidak menunjukkan perasaan menyesal setelah ketahuan selingkuh
  • Perselingkuhan sudah beberapa kali dilakukan
  • Pasangan melakukan kekerasan dan mengontrol kamu secara berlebihan

Jika kondisi di atas muncul, dianjurkan untuk mencari bantuan konselor pernikahan, dan menemuinya secara individu. Bagaimanapun juga, kebahagiaan dan keamanan diri adalah hal yang utama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/06/111100920/lakukan-ini-jika-pasangan-ketahuan-selingkuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke