Salin Artikel

Harga Mahal, Jangan Asal Pilih Berlian

KOMPAS.com – Perhiasan bertahtakan berlian memiliki harga yang mahal karena batu mulia ini dianggap abadi. Meski begitu, tidak semua berlian memiliki kualitas yang sama.

Tak sedikit berlian yang sebenarnya memiliki kualitas rendah tetapi tetap dibanderol mahal. Padahal, berlian bisa dijadikan investasi dan diwariskan antargenerasi.

Airyn Tanu, founder merek perhiasan Passion Prive mengatakan berlian dan batu mulia memiliki nilai investasi.

Untuk membedakan berlian sintetis dan berlian asli memang sulit jika dilakukan hanya kasat mata, karena perlu tes khusus.

Secara umum, ada empat kriteria utama berlian yang bagus, yang disebut dengan istilah 4C, yaitu colour (warna yang bening), clarity (kejernihan), carat (ukuran karat), cut (potongan).

Airyn menyarankan agar membeli berlian di tempat terpercaya dan memiliki sertifikasi GIA (Gemological Institute of America).

Selain menghindarkan penipuan atau kekeliruan, sertifikat juga bisa menjadi jaminan bahwa berlian yang kita beli berasal dari sumber terpercaya.

“Jangan terkecoh dengan harga berlian murah tapi sebenarnya kualitasnya rendah. Pas mau dijual ternyata nilainya murah,” ujarnya.

Selain berlian putih, menurut Airyn, saat ini kolektor perhiasan mencari berlian berwarna. Yang memiliki nilai tinggi adalah berlian berwarna biru, kuning, hitam, dan pink.

“Kalau yang warna pink warnanya pucat, karena yang warna pink intens itu sangat langka dan mahal,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/06/114200320/-harga-mahal-jangan-asal-pilih-berlian

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.