Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaga Kesehatan Pencernaan dengan Mengatur Pola Makan Ala Chef Chitra

Terutama makanan dengan bumbu kaya rempah dan juga pedas, yang banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Namun rupanya, jenis makanan tersebut bisa mengganggu kesehatan pencernaan. Chef Chitra pun memberikan tips untuk kamu yang suka makanan pedas dan kaya rempah, namun kesehatan pencernaan tetap terjaga.

“Tahu apa yang kita makan sesuai dengan jamnya, Jadi kalau pagi hindari makan makanan yang pedas-pedas,” kata Chef Chitra dalam siaran pers yang diterma Kompas.com.

Di pagi hari, lanjutnya, justru disarankan meminum minuman hangat dengan mencampurkan bahan-bahan yang bisa melunturkan lemak.

“Minum sesuatu yang bisa memperlancar pencernaan atau bahkan meluluhkan lemak sekaligus detox pagi-pagi, baik sekali mengonsumsi minuman hangat dicampur dengan lemon serta jahe, seperti itu,” jelas Chitra.

“Dan hindari makanan yang terlalu berat, supaya glukosa dalam tubuh tidak terlalu banyak, yang nantinya bisa menyebabkan kantuk,” imbuhnya.

Selain itu, Chitra juga mengimbau untuk tetap mengonsumsi makanan yang kaya serat dan tanpa pemanis buatan.

“Yaitu dari buah dan sayur. Lalu untuk siang saat di mana tubuh banyak membutuhkan karbo, adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi karbo dan juga protein,” kata dia.

Jam makan juga harus diatur dan dijalani dengan tepat waktu. Misalnya saat malam hari, disarankan untuk makan sebelum pukul tujuh.

“Hindari makan buah sebelum tidur karena itu akan terjadi pembusukan saat kita tidur, kalau lapar bisa konsumsi makan seperti salad, sayur-sayuran, dan hindari makan berat,” pungkas Chitra.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/11/211500220/jaga-kesehatan-pencernaan-dengan-mengatur-pola-makan-ala-chef-chitra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke