Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merek Jam Tangan Seiko Mundur dari Ajang Baselworld 2020, Ada Apa?

Meski hanya satu merek, namun kenyataannya yang pergi dari ajang tersebut bukan hanya satu, tapi dua, yakni Seiko dan Grand Seiko -varian hi-end dari pabrik tersebut.

Dengan kepergian ini, maka dapat dipastikan tak akan ada lagi merek Seiko dalam hajatan tahunan di Swis tersebut.

Baselworld adalah acara pameran jam yang pertama di Swis. Awalnya, dengan menggunakan nama Schweizer Mustermesse Basel, pameran ini pertama kali diadakan pada tahun 1917.

Meski kemudian kerap menggunakan nama acara yang berbeda selama beberapa dekade, tetapi acara tersebut tetap dikhususkan untuk pameran berbagai merek jam.

Nah, kembali lagi kepada keputusan Seiko. Ketika berita tentang ini menyebar sejak akhir pekan lalu, Jurubicara yang mewakili kedua merek tersebut berbicara kepada laman Revolution.

"Waktu Baselworld 2020 kini sudah jauh lebih lambat daripada tahun-tahun sebelumnya," ungkap Jurubicara tersebut.

"Waktu pelaksanaannya kami nilai sudah terlambat untuk peluncuran koleksi Seiko kami, dan menjadi sangat menantang bagi Grand Seiko, di mana kami memiliki program khusus untuk merayakan 60 tahun Seiko."

"Akhirnya, kami memutuskan untuk tidak ambil bagian dalam acara Baselworld di tahun 2020,” kata dia.

Keluarnya Seiko dan Grand Seiko dari Baselworld terjadi setelah sebelumnya Grup Swatch, Raymond Weil, Corum, dan -yang terbaru, Breitling menyatakan mundur dari acara itu.

Bahkan, tahun ini Grup Swatch telah melakukan pertunjukan sendiri, yang diberi tajuk "Time to Move". Mereka menggelar acara sendiri di awal tahun 2019, di Jenewa di saat berlangsungnya Baselworld 2019.

Setelah itu, Swatch mengundang pers dan media pada bulan Mei 2019, untuk memperkenalkan enam merek besar mereka.

Tak hanya itu, Corum pun telah mengenggelar acara mereka sendiri, sama halnya dengan Breitling.

Dengan cara yang sama pula, Seiko akan memamerkan produk baru mereka tahun ini.

"Kami akan mengadakan acara regional dan nasional kami sendiri untuk Grand Seiko dan Seiko secepat mungkin," kata Jurubicara itu.

Dengan menggelar acara sendiri, kata dia, perwakilan media dan mitra Seiko dapat melihat koleksi baru, sekaligus memahami perkembangan terbaru dalam Seiko dan Grand Seiko.

Merek Jepang lain yang masih ambil bagian di Baselworld adalah Casio dan Citizen. Namun kedua merek itu belum mengeluarkan pernyataan khusus mengenai keiikutsertaan mereka di ajang itu tahun depan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/12/115501920/merek-jam-tangan-seiko-mundur-dari-ajang-baselworld-2020-ada-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke