Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mengatur Keuangan Bagi 'Single Parent'

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga keuangan keluarga tetap berjalan lancar bukanlah perkara mudah, terlebih ketika pasangan sudah memiliki anak.

Beratnya pembiayaan akan semakin terasa ketika pasangan terpaksa bercerai. Akhirnya, salah satu pihak mesti memutar otak untuk membiayai keluarga hanya dari satu sumber pendapatan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur keuangan keluarga ketika menjadi seorang single parent.

Pertama, jika sudah memiliki anak pikirkanlah biaya yang dibutuhkan untuk keperluan anak seiring bertambahnya usia mereka.

Misalnya, untuk biaya sekolah dan kuliah anak di masa depan.

"Perencanaan harus dalam jangka yang cukup panjang. Kira-kira butuh uang berapa saat anak kuliah, berarti dari sekarang harus berinvestasi jadi saat (anak) kuliah bisa terbayar dengan uang investasi hari ini."

Demikian diungkapkan oleh Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara seusai menghadiri peluncuran logam mulia "Waris" di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Untuk investasi, seorang single parent juga dituntut untuk disiplin. Misalnya, menyisihkan 30 persen dari total pendapatan bulanan.

Dana yang disisihkan tersebut bisa digunakan untuk investasi melalui berbagai instrumen, mulai dari emas, properti, atau untuk tabungan pendidikan berjangka.

Sementara dari 70 persen sisa pendapatan, bisa pula disisihkan 10 persennya untuk biaya insidental.

Namun, pastikan diri kita mampu disiplin dan konsisten dalam menjalaninya setiap bulan. Apalagi tak jarang dana insidental justru digunakan untuk hal-hal yang sebetulnya tidak perlu.

"Jadi kalau income dari satu sumber tapi menyisihkan 30 persen untuk investasi setiap bulan secara konsisten, yang seperti ini yang paling berhasil," kata Bhima.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/13/134356720/tips-mengatur-keuangan-bagi-single-parent

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke