Salin Artikel

Kiat Menjaga Berat Badan Ketika Libur Panjang

KOMPAS.com - Momentum libur natal dan tahun baru segera tiba. Salah satu hal yang sulit dihindari ketika memasuki masa libur panjang adalah kenaikan berat badan.

Hal ini tentunya akan mengganggu, terutama jika kamu memiliki target berat badan tertentu.

Ahli gizi dari Appetite For Health, Julie Upton, MS, RD berbagi tipsnya, seperti dilansir pada laman Pop Sugar.

Jadi, kamu bisa tetap menikmati momentum istimewa bersama orang-orang tercinta tanpa harus mengorbankan target berat badanmu.

1. Meluangkan waktu olahraga

Julie, yang juga pelatih CrossFit, menyarankan untuk tetap memasukkan rutinitas olahraga di dalam momentum libur panjang. Karena tak disibukkan oleh rutinitas kerja atau sekolah, kamu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk hal-hal yang kamu suka, termasuk aktivitas fisik.

Julie mencontohkan rutinitas yang dilakukannya ketika waktu padat, yaitu olahraga tujuh menit dengan melibatkan lari 100 meter atau sprint dan burpees.

2. Memantau timbangan

Setelah berolahraga, hal lainnya yang dilakukan Julie untuk menjaga berat badan tetap stabil adalah rutin mengukur berat badan dengan timbangan. Pagi hari adalah waktu paling ideal untuk menimbang berat badan.

Sebuah penelitian dari Duke University menemukan, subjek yang menimbang berat badan mereka secara rutin bisa menurunkan berat badan rata-rata sekitar 10kg.

Sementara mereka yang hanya menimbang berat badan dua minggu sekali hanya mampu menurunkan berat badan sekitar 3,5kg.

3. Memodifikasi resep favorit

Cobalah memodifikasi menu masakan favoritmu menjadi versi yang lebih sehat. Seperti mengganti karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat kompleks, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengganti cara memasak, misalnya dari deep fried menjadi panggang. Jangan khawatir, makan sehat tetap bisa enak, lho.


4. Hindari alkohol

Beberapa orang mungkin mengonsumsi alkohol ketika merayakan momentum penting jelang tahun baru.

Bagi Julie, alkohol membawa ancaman kenaikan berat badan tiga kali lipat karena tinggi kalori, menstimulasi nafsu makan dan mengaktifkan area pada otak yang membuat kita menginginkan makanan-makanan tinggi kalori.

Jika memang ingin merayakan momentum tersebut dengan minuman, mocktail bisa menjadi opsi. Namun, pilihlah mocktail yang dibuat dari sparkling water bebas gula dan kalori yang dipadukan dengan potongan buah dan herbal seperti infused water.

5. Sarapan seimbang

Pastikan kamu tidak melewatkan sarapan. Namun, pastikan kamu mengonsumsi sarapan seimbang, apalagi jika kamu berencana menghadiri pesta di malam harinya.

Sarapan yang optimal terdiri dari makanan tinggi protein dan serat, agar kenyang lebih lama sehingga kamu terhindar dari makan berlebih.

Sebagai gambaran, konsumsilah 20 hingga 30 gram protein berkualitas bersama setidaknya 6 gram serat. Salah satu menu yang bisa kamu pilih seperti telur rebus dan roti panggang alpukat, disajikan bersama Greek yogurt dan berries.

6. Tidur cukup

Pastikan kamu tidur cukup. Para pakar menyarankan durasinya sekitar tujuh jam setiap malamnya untuk orang dewasa.

Studi menyebutkan bahwa tidur kurang dari waktu ideal bisa memicu hormon lapar dan keinginan untuk makan makanan tidak sehat (tinggi kalori-tinggi gula).

Studi lainnya menemukan bahwa perempuan yang kurang tidur makan 329 kalori banyak, dibandingkan dengan perempuan yang tidur cukup. Jadi, pada momentum libur panjang sekalipun, usahakan istirahatmu cukup.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/06/143804320/kiat-menjaga-berat-badan-ketika-libur-panjang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.