Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Jitu Memilih Serum untuk Kulit Berminyak

KOMPAS.com - Mengetahui cara memilih serum untuk kulit berminyak sangat penting bagi kita. Bukan saja karena kulit berminyak amat rentan berjerawat, namun di sisi lain harga serum wajah itu sendiri tidak murah, apalagi dibanding produk perawatan kulit lainnya.

Kulit berminyak ditandai dengan kondisi wajah yang mengkilap dan memiliki pori-pori besar. Tidak jarang, muncul juga jerawat, komedo, atau noda lain di wajah.

Sementara serum pada dasarnya adalah gel atau cairan dengan molekul yang kecil sehingga mudah menyerap ke dalam kulit.

Serum juga mudah diaplikasikan, dan dapat diusapkan di wajah atau leher untuk mengurangi berbagai masalah kulit, seperti keriput, jerawat, kulit meradang, hingga kulit kering.

Saat ini, sudah banyak serum untuk kulit berminyak yang dijual bebas dan dapat dibeli, tanpa harus meminta rekomendasi dokter terlebih dahulu.

Tips memilih serum untuk kulit berminyak

Serum memang disebut-sebut sebagai produk kecantikan yang paling cocok digunakan oleh orang dengan kulit berminyak dibanding krim wajah atau losion.

Pasalnya, serum berbahan dasar air dan tidak mengandung bahan tambahan yang akan menambah minyak di wajah, seperti mineral oil, petrolatum, dan bahan pengental lainnya.

Ketika mengaplikasikan serum pada wajah, kamu akan merasakan kulit yang lebih ringan karena nutrisi pada serum lebih mudah diserap oleh wajah.

Untuk memaksimalkan hasil pemakaian serum ini, berikut tips memilih serum untuk kulit berminyak sesuai rekomendasi dari berbagai dermatologis:

  • Pastikan serum yang dipilih tidak menyumbat pori-pori atau mengakibatkan munculnya komedo, biasanya ditulis di kemasan dengan label ‘nonkomedo’ atau ‘noncomedogenic’.
  • Kamu juga bisa memilih serum yang ditujukan untuk kulit berjerawat.
  • Pilih serum untuk kulit berminyak yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi.
  • Kamu juga bisa memilih serum yang mengandung retinol untuk mengurangi peradangan akibat jerawat sekaligus mencegah pori-pori agar tidak tersumbat.

Pertimbangkan juga hal-hal yang sebaiknya dihindari saat memilih serum untuk kulit berminyak. Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menyarankan agar melihat kandungan pada label serum dan menghindari beberapa bahan, seperti:

Pewangi dan pengawet

Kedua bahan ini perlu dihindari karena dapat mengiritasi kulit. Pengawet seperti paraben (methylparaben dan butylparaben) disebut-sebut memiliki efek negatif pada kesehatan reproduksi wanita, meski klaim ini perlu penelitian lebih lanjut.

Bahan antibakteri

Bahan-bahan antibakteri malah bisa memicu lahirnya reaksi alergi pada sebagian orang dengan kulit berminyak dan sensitif.

Pelarut (solvent)

Pelarut adalah bahan kimia yang dapat menembus lapisan kulit, seperti propylene glycol dan ethanol. Sebagai alternatif, kita dapat memakai pelarut dari jenis polyethylene glycol yang tidak ikut masuk ke dalam lapisan kulit.

Pertimbangkan juga membeli serum untuk kulit berminyak dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit. Tidak jarang, kita harus mencoba beberapa serum terlebih dahulu sebelum menemukan merek yang cocok.

Tidak ingin pakai serum? Bisa!

Bila kulitmu berminyak, tapi tidak ingin menggunakan serum untuk kulit berminyak, jangan khawatir.

Serum pun bukan produk utama yang direkomendasikan para dokter kulit sebagai solusi menghilangkan kadar minyak di wajah.

Sebaliknya, para dermatologis hanya meminta kita melakukan beberapa langkah sederhana, seperti:

  • Cuci wajah setiap pagi, sore, dan setelah beraktivitas.
  • Gunakan pembersih wajah yang lembut di kulit.
  • Pastikan kosmetik tidak menutup pori-pori, tidak mengandung minyak serta alkohol.
  • Gunakan pelembap setiap hari, bila perlu pelembab yang juga mengandung tabir surya SPF30 atau lebih.
  • Pastikan tidur dalam kondisi wajah yang bebas dari make-up.
  • Gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih di sela-sela kegiatan.

Bila kamu memiliki masalah kulit yang mewajibkan pemakaian serum untuk kulit berminyak, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kulit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/06/145552720/tips-jitu-memilih-serum-untuk-kulit-berminyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke