Salin Artikel

Mengenal Zozibini Tunzi, Puteri Afsel Jawara Miss Universe 2019

KOMPAS.com - Puteri Afrika Selatan, Zozibini Tunzi resmi dianugerahi mahkota Miss Universe 2019.

Miss Universe 2019 disiarkan langsung dari Tyler Perry Studios, Atlanta, Amerika Serikat, Minggu waktu setempat atau Senin (9/12/2019) pagi waktu Indonesia.

Perempuan 26 tahun asal Tsolo, Afrika Selatan ini mengalahkan dua puteri lainnya di tiga besar Miss Universe, yakni Puteri Meksiko dan Puteri Puerto Rico.

Tak hanya cantik dan cerdas, Zozibuni dianggap punya peran yang besar terhadap pemberdayaan perempuan.

Berikut lima fakta mengenai Zozibini Tunzi, seperti dilansir dari laman Hollywood Life:

1. Seorang aktivis

Zozibini merupakan seorang aktivis yang lantang menyuarakan hak dan persamaan perempuan.

Kampanye Zozibini sebagai Puteri Afrika Selatan juga termasuk bekerja sama dengan HeForShe, organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang direpresentasikan oleh selebriti seperti Emma Watson yang mengajak laki-laki untuk bersama perempuan menjunjung kesetaraan gender.

Perempuan yang akrab disapa Zozi ini meminta para laki-laki Afsel untuk menuliskan pesan dukungan terhadap perempuan dan akan dicetak dalam bentuk pita. Pesan-pesan tersebut kemudian dibuat menjadi bahan untuk kostum nasionalnya di ajang Miss Universe.

2. Dekat dengan orangtua

Pada hari digelarnya Miss Universe 2019, Zozi mengunggah pesan cinta untuk kedua orangtuanya, Nadapu and Lungisa Tunzi, melalui akun Instagram @zozitunzi. Foto-foto yang diunggahnya berisi momentum ceria bersama orangtuanya di belakang panggung.

Dalam keterangan foto Zozi menuliskan bahwa dirinya ada saat ini adalah karena kedua orangtuanya. Ia bahagia kedua orangtuanya membesarkannya hingga saat ini bisa berdiri di tempat yang jauh dari rumah dan bangga dengan asal usulnya.

Baginya, orangtua sudah mengorbankan banyak hal dan menghadapi banyak hal yang mungkin dirinya bahkan tidak tahu, sehingga semesta memberinya kesempatan-kesempatan yang baik.

"Aku selamanya sangat bersyukur dan berharap bisa membuat kalian bangga, setiap hari dalam hidupku!" tulisnya.

3. Seorang humas

Zozi lulus dengan gelar sarjana hubungan masyarakat dan manajemen citra dari Cape Peninsula University of Technology pada 2018 lalu.

Sebelum memenangkan mahkota Puteri Afrika Selatan, Zozi menyelesaikan gelar sarjana teknologi di bidang hubungan masyarakat pada universitas yang sama. Selama menempuh pendidikan, Zozi juga sempat magang di departemen humas Ogilvy Cape Town.

4. Ikut dua kali Puteri Afsel

Zozi dua kali berkompetisi di ajang Puteri Afrika Selatan. Pada 2017 ia hanya berhasil masuk 26 besar lalu tereliminasi. Ia kembali dua tahun kemudian dan berhasil memenangkan ajang tersebut.

5. Jadi model di New York Fashion Week 2019

Tiga bulan sebelum acara Miss Universe 2019, Zozi terbang ke New York City untuk berjalan di atas runway New York Fashion Week.

Zozi menjadi model untuk Maxhosa, label mode milik seorang desainer asal Afrika Selatan Laduma Ngxokolo.

Ia membuka pertunjukan dengan mengenakan gaun hitam dan putih megah yang dilapisi dengan sulaman, terinspirasi dari kelompok etnis Nguni dan Mbo.


https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/09/135511720/mengenal-zozibini-tunzi-puteri-afsel-jawara-miss-universe-2019

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.