Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Bruntusan di Pipi

KOMPAS.com - Setiap orang yang pernah berjerawat pasti tahu betapa frustrasinya mencari obat jerawat yang cocok dan ampuh.

Jerawat memang bukan penyakit mematikan seperti kanker, tapi kehadirannya bisa mematikan kepercayaan diri, apalagi jika sampai muncul jerawat bruntusan di pipi.

Dalam dunia medis, jerawat bruntusan disebut sebagai closed comedones alias whitehead. Tipe jerawat seperti ini akan kasar ketika diraba, permukaannya tertutup, dan terlihat seperti biang keringat yang berwarna putih atau senada dengan kulit.

Jerawat bruntusan paling sering terjadi di kening, tapi tidak tertutup kemungkinan juga kita alami di pipi. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat bruntusan di pipi ini?

Sebelum mencoba berbagai obat jerawat yang dijual bebas maupun rekomendasi dokter, tidak ada salahnya mencoba mengobati jerawat dengan cara alami. Berikut bahan-bahan alami yang dapat dicoba:

Uap panas

Memberi perawatan uap panas ke wajah dapat membuka pori-pori yang tersumbat. Sumbatan pada pori-pori memang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya whitehead.

Uap panas bisa didapatkan dari uap air panas, namun kita perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

Cuka apel

Bahan alami ini bersifat asam sehingga dapat mengeringkan dan mengempiskan pori-pori. Kamu dapat mencampur 2 sendok makan cuka apel dengan 200 ml air hangat kemudian mengoleskan ke jerawat bruntusan di pipi.

Air lemon

Sama halnya dengan cuka apel, air perasan lemon dapat menghilangkan minyak wajah berlebih sekaligus mengatasi peradangan pada jerawat bruntusan di pipi. Campurkan air lemon dengan air hangat bila kulit terlalu sensitif.

Tea tree oil

Tea tree oil dapat langsung Anda oleskan di area yang bruntusan, namun pastikan tangan bersih sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Madu

Bahan ini bersifat antimikroba yang dapat mencegah bruntusan semakin parah. Madu juga dapat menyehatkan kulit jika dibiarkan selama 15 menit di wajah sebagai masker.

Penggunaan bahan-bahan alami di atas tentu belum terbukti secara ilmiah dapat membasmi jerawat bruntusan di pipi.

Jika kamu ingin obat yang lebih ampuh untuk mengatasi masalah ini, konsultasikan dengan dokter kulit yang kompeten.

Mengatasi jerawat bruntusan di pipi dengan obat-obatan

Bukan rahasia lagi bahwa terdapat ratusan jenis obat jerawat yang dijual bebas maupun hanya bisa didapat dengan resep dokter.

Meski obat-obatan ini mayoritas sudah teruji secara klinis dalam mengatasi bruntusan jerawat di pipi, tidak jarang kita harus mencoba berbagai jenis obat terlebih dahulu sebelum menemukan yang cocok.

Berikut rekomendasi jenis obat yang dapat digunakan dalam mengatasi bruntusan jerawat di pipi:

Benzoil peroksida

Obat ini bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat serta menghilangkan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Jika whitehead sampai menyebabkan peradangan, obat ini juga dapat mengatasi masalah tersebut.

Obat yang mengandung benzoil peroksida dapat dioleskan pada bruntusan jerawat di pipi sebanyak satu kali sehari, kemudian meningkat menjadi dua kali sehari bila kulit mulai terbiasa dengan obat ini. Pastikan mencuci tangan setelah memakai benzoil peroksida ini.

Asam salisilat

Seperti halnya benzoil peroksida, asam salisilat dapat mengurangi produksi minyak yang menyumbat pori-pori kemudian menyebabkan bruntusan jerawat di pipi.

Selain itu, asam salisilat dapat mengeringkan permukaan kulit sehingga kulit mati yang menyumbat pori-pori juga akan terbuang.

Ketika bruntusan sudah sembuh, kamu tetap dapat menggunakan asam salisilat untuk mencegah jerawat datang kembali.

Selain berbentuk obat jerawat, asam salisilat juga sudah banyak ditambahkan dalam produk pelembap, krim, maupun jel wajah.

Krim retinoid

Retinoid adalah vitamin A dalam versi yang lebih kuat sehingga dapat digunakan sebagai krim antipenuaan maupun membuka sumbatan pada pori-pori.

Meski demikian, krim ini harus dioleskan ke seluruh bagian wajah, bukan hanya area yang mengalami bruntusan serta dapat membuat kulit wajah lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Eksfolian dengan formula lembut (mild formula)

Eksfolian sebetulnya digunakan untuk menghilangkan kulit mati, namun bisa juga dimanfaatkan untuk membuka sumbatan pada pori-pori.

Pilihlah eksfolian yang memiliki formula lembut sehingga kulit tidak rentan mengalami iritasi maupun berubah menjadi kering.

Dengan banyaknya pilihan di atas, kamu bisa mencoba salah satu atau beberapa obat-obatan untuk mengatasi masalah jerawat bruntusan.

Namun sebaiknya, periksakan masalah jerawat ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/09/142618820/cara-ampuh-menghilangkan-jerawat-bruntusan-di-pipi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke