Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemilihan Sampo yang Salah Bisa Sebabkan Jerawat, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Munculnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun rupanya, pemilihan produk sampo yang salah juga bisa menimbulkan jerawat di wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Menurut dokter spesialis kulit dari Erha, Dr. Purnama Sari, sampo bisa menjadi salah satu penyebab jerawat karena lokasi rambut yang berdekatan dengan wajah, terutama dahi.

“Ditambah lagi dengan aktivitas yang membuat bagian hairline berkeringat dapat memperparah jerawat," ujar Purnama Sari dalam peluncuran Erha Skin and Hair Series Hadir di AEON Store Health, Beauty and Cosmetic pada Selasa (10/12/2019).

Untuk itu, Purnama Sari mengimbau untuk memperhatikan pemilihan produk rambut.

“Biasanya produk-produk untuk rambut yang mengandung oil, itu juga kadang-kadang jadi salah satu penyebab jerawat yang ada di wajah kita,” ujarnya.

Kasus ini kebanyakan ditemui pada wanita. Pasalnya, biasanya wanita menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak seperti conditioner dan vitamin rambut.

“Apalagi yang bentuknya oil, otomatis akan berefek pada kulit kita,” katanya.

Purnama Sari menyarankan untuk menghindarkan rambut agar tak mengenai wajah, terutama saat berkeringat atau setelah beraktivitas seharian. Purnama Sari juga menyarankan untuk memilih sampo yang berbahan aman.

“Bisa memakai sampo berformula lembut dan ramah untuk kulit wajah," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/12/214857320/pemilihan-sampo-yang-salah-bisa-sebabkan-jerawat-kok-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke