Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Kunci Agar Anak Tumbuh Tinggi: Nutrisi, Waktu Tidur, dan Aktivitas

KOMPAS.com - Memang benar bahwa faktor genetik sangat menentukan tinggi atau pendeknya seorang anak. Meski demikian, bukan berarti orangtua yang bertubuh pendek tak bisa mencoba cara agar anak tumbuh tinggi.

Selain 80% faktor genetik, 20% pertumbuhan tubuh anak ditentukan hal lainnya seperti nutrisi dan stimulus fisik.

Salah satu aspek krusial agar anak tumbuh tinggi adalah asupan nutrisi. Anak akan mengalami pertumbuhan tinggi badan cukup signifikan saat berusia antara 6 hingga 8 tahun. Setelah itu, sekitar 25% pertumbuhan badan dilanjutkan saat fase pubertas.

Ada 2 hormon yang turut andil dalam hal ini yaitu Human Growth Hormone (HGH) dan Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1). Kedua hormon tersebut menentukan panjang tulang dan menjaga massa tulang seseorang.

Ada beberapa asupan nutrisi penting agar anak tumbuh tinggi seperti:

1. Telur

Sebagai sumber protein, zat besi, riboflavin, dan biotin, telur sangat penting untuk perkembangan tinggi badan anak. Utamanya adalah putih telur yang mengandung konsentrasi protein tinggi.

Kita bisa memberikan telur dengan olahan omelet atau telur rebus sebagai menu sarapan. Meski demikian, perhatikan pula apakah ada reaksi alergi dari anak saat makan telur.

2. Produk olahan susu

Susu mengandung kalsium dan protein yang bisa membantu pertumbuhan tulang dan membuatnya semakin kuat.

Produk olahan susu seperti keju dan yogurt sangat tinggi akan kalsium dan vitamin sehingga membantu mineralisasi tulang anak. Bahkan, penelitian menemukan bahwa susu pertumbuhan bisa mengurangi jumlah anak stunting.

3. Kedelai

Nutrisi agar anak tumbuh tinggi lainnya adalah kedelai, yang mengandung protein. Memberikan menu anak dengan bahan baku kedelai bisa membantu mengoptimalkan kesehatan tulang mereka.

4. Ayam

Selain protein dan vitamin B, ayam juga menjadi pilihan protein hewani yang mudah diolah dan rasanya disukai anak. Terbukti dari penelitian, protein dari ayam bisa membuat pertumbuhan tubuh anak menjadi lebih cepat serta optimal.

5. Sayuran hijau

Tak hanya kaya zat besi, sayuran hijau juga mengandung kalsium yang membantu pembentukan tulang terutama bagi anak-anak dan remaja.

Konsumsi sayuran seperti kubis, kale, brokoli, atau bayam. Jika ingin menambah nafsu makan anak, olah sayuran dengan menu favorit mereka.

Aktivitas agar anak tumbuh tinggi

Selain nutrisi dari makanan, beri stimulus pada anak melalui aktivitas fisik. Memang benar bahwa ada mitos tentang olahraga bikin tinggi meski seseorang telah dewasa seperti berenang atau bermain basket.

Nyatanya, olahraga semacam itu hanya membuat postur lebih baik dan memberi kesan tinggi. Beberapa aktivitas lain yang bisa menjadi referensi agar anak tumbuh tinggi di antaranya:

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan berkala tentang pertumbuhan tubuh anak, tak hanya soal tinggi badannya saja. Observasi pertumbuhan anak dapat membantu mendeteksi apakah ada yang terhambat.

Ajak anak berpartisipasi dalam aktivitas fisik dengan orangtua atau teman-teman mereka.

Jangan pula menjadikan target tinggi badan tertentu sebagai beban yang harus dipenuhi anak, karena ada yang jauh lebih penting ketimbang anak tinggi atau pendek: yaitu anak tumbuh sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/13/130905320/3-kunci-agar-anak-tumbuh-tinggi-nutrisi-waktu-tidur-dan-aktivitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke