Salin Artikel

Tips Dasar Merawat Kulit Wajah dan Tubuh, Apa Sajakah?

KOMPAS.com - Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Kulit yang sehat adalah kulit yang tidak memiliki masalah, bersih, bercahaya, dan sedap dipandang.

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh. Dalam hal ini, kulit berfungsi sebagai perlindungan fisik yang utama dari polusi, suhu lingkungan, sinar ultraviolet, serta gangguan lainnya.

Maka dari itu, perawatan kulit sangat penting untuk diperhatikan agar kita bisa memaksimalkan fungsi dari kulit itu sendiri.

Sebagai langkah awal, dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K), selaku Spesialis Kulit dan Kelamin serta Founder Klinik Sakti Medika mengatakan, bahwa kita perlu mengenali jenis kulit terutama kulit pada wajah sejak dini.

"Pada dasarnya jenis kulit dibagi menjadi empat: normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Setelah mengenal jenis kulit, baru kita memilih produk kecantikan dan perawatan kulit seperti apa yang tepat," ungkap Tina dalam sesi bincang di kawasan Jakarta, Rabu (18/12).

Ia juga menyarankan, dalam pemakaian kosmetik tak perlu digunakan secara berlebihan karena jenis kulit yang kita miliki berbeda-beda. Jadi, gunakanlah kosmetik yang hanya dibutuhkan oleh kulit kita.

Membersihkan wajah

Dalam hal ini, Tina membagikan tiga tips dasar dalam melakukan perawatan pada kulit wajah. Yang pertama adalah membersihkan.

"Mencuci muka sebenarnya bisa dilakukan tiga kali dalam sehari, baik itu dengan cleansing, sabun wajah, maupun facial foam," kata Tina.

Namun, jika itu terlalu sulit untuk dilakukan oleh orang yang memiliki jadwal padat, cukup semprotkan wajah dengan water spray tunggu hingga kering lalu tambahkan lagi kosmetiknya.

Gunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah, selanjutnya memakai pelembap.

“Aktivitas di kota banyak melibatkan AC. Jadi, penting untuk memakai pelembap agar kulit tidak kering,” jelasnya.

Pelembap pun sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. Selain itu kita sebaiknya mencari pelembap yang cocok, dalam arti tidak menimbulkan alergi, gatal-gatal, atau memunculkan minyak berlebih.

Jangan lupa tabir surya

Terakhir, gunakan sunblock atau tabir surya. Ia menjelaskan, masyarakat masih mengganggap tabir surya hanya digunakan ketika berada di luar ruangan.

"Ketika di dalam ruangan, kita juga perlu memakai tabir surya karena sinar itu berada di mana-mana. Jadi, tidak mungkin wajah kita terus menghindar dari paparan sinar,” ungkap Tina.

“Kita dapat mengecek sendiri elastisitas kulit, dengan cara pencet saja kulit wajah masih kenyal atau tidak. Jika tidak, diperlukan vitamin tambahan untuk kulit,” kata Tina.

Selain kulit wajah, tentunya penting juga untuk merawat kulit tubuh. Perawatan kulit tubuh dapat dilakukan dengan cara rutin mandi dua kali sehari menggunakan air dingin dan sabun berpelembap.

Selanjutnya, oleskan pelembap setelah mandi keseluruh tubuh untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan gunakan baju ataupun pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Intinya, untuk memiliki kulit yang sehat harus dilakukan perawatan yang tepat dan benar sesuai jenis kulit, kondisi kulit, dan usia, serta apabila diperlukan lakukanlah konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. (Renna Yavin)

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/20/081223520/tips-dasar-merawat-kulit-wajah-dan-tubuh-apa-sajakah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.