Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Rasa Umami dan 14 Makanan dengan Umami Alami

KOMPAS.com - Umami merupakan salah satu dari lima cita rasa utama, seperti manis, pahit, asam, dan asin. Diterjemahkan dari bahasa Jepang, umami berarti "rasa yang enak dan gurih".

Definisi umami tersebut juga sudah disetujui oleh para pakar pangan. Namun, persisnya seperti apakah rasa umami itu?

Alicia Rooker, editor resep dan penguji dari situs Taste of Home, menggambarkan umami memiliki cita rasa seperti daging.

Menurut chef Mareya Ibrahim, rasa umami tersebut berkat asam amino L-glutamic yang banyak ditemukan dalam protein hewani dan nabati.

“Selain itu, banyak makanan juga mengandung sejumlah kecil glutamat 'bebas', biasanya dalam bentuk natrium glutamat; monosodium glutamat atau MSG. Glutamat bebas ini juga memberi rasa umami pada makanan,"kata Ibrahim.

Itu juga mengapa MSG menjadi penyedap makanan yang populer, terutama dalam masakan Asia.

Rasa umami secara alami bisa kita temukan dalam bahan pangan berikut:

1. Daging
Daging sapi yang matang seperti dendeng memiliki kadar glutamat yang tinggi. Menurut Asosiasi Glutamat, ada 10 mg glutamat yang bisa didapat per tiga setengah ons daging sapi.

Ibrahim mengatakan, ini sebabnya burger adalah hidangan umami terbaik, apalagi Anda dapat memasangkannya dengan makanan umami lainnya. Daging babi dan ayam juga memiliki rasa glutamat dan umami yang cukup banyak.

2. Tomat
Buah ini adalah sumber nabati glutamat yang luar biasa karena bisa menghasilkan rasa umami dengan 246 mg glutamat per tiga setengah ons tomat. Ketika tomat matang, kadar glutamat juga meningkat.

"Tomat juga merupakan alasan mengapa saus tomat sangat enak di burger, kata Ibrahim.

3. Rumput Laut
Rumput laut adalah salah satu makanan umami yang kaya akan glutamat. Kadar glutamat yang terkandung pada rumput laut berkisar antara 1.200 hingga 3.000 mg per tiga ons rumput laut, hal tersebut tergantung pada jenis rumput laut.

Kaldu dan saus tradisional Jepang sering memasukkan rumput laut untuk menambah cita rasa umami. Faktanya, cita rasa umami, gurih, dan asin dari rumput laut membuat beberapa orang membandingkan rumput laut goreng dengan bacon.

4. Makanan Laut
Tiram, udang, kerang, makarel, tuna, dan sarden merupakan beberapa ikan dengan rasa umami alami. Makanan laut secara alami mengandung glutamat, selain inosinate, rasa umami yang terjadi secara alami dan digunakan sebagai zat tambahan makanan.

Penelitian menununjukkan, glutamat dan inosinate akan mengangkat cita rasa umami. Walau begitu, rasa lezat umami tidak bisa berdiri sendiri, dibutuhkan paduan dari beberapa kandungan lain.

5. Teh Hijau
Teh hijau mengandung 32 mg glutamat per tiga setengah ons minuman. Teh ini juga kaya akan asam amino theanine, yang menurut penelitian mirip dengan glutamat dan juga berkontribusi terhadap rasa umami. Rasa umami yang kuat menghasilkan cita rasa lezat dari teh hijau.

6. Kacang
Kacang kenari dan almond adalah cara terbaik untuk menambahkan rasa umami pada makanan vegan. Cobalah memanggang kacang dan biji-bijian untuk rasa terbaik. Kacang kenari secara spesifik mengandung 658 mg glutamat per tiga setengah ons.

7. Keju
Semakin tua dan kuat keju, semakin baik rasa umaminya. Seiring bertambahnya usia, keju mengalami proteolisis atau memecah menjadi asam amino dan meningkatkan kadar asam glutamat.

Umami akan meningkat dalam makanan yang difermentasi dan pematangan. Keju parmesan Italia adalah salah satu makanan umami yang sangat enak karena butuh 24 hingga 36 bulan agar rasa dapat berkembang sepenuhnya.

8. Jamur
Jamur bisa menggantikan daging karena rasanya sesuai dengan protein kita berkat level senyawa terkait umami. Kandungan glutamat dari jamur juga membuatnya menjadi bonus untuk pemakan daging sebagai topping untuk hal-hal seperti burger atau sandwich.

Ada 180 mg glutamat per tiga setengah ons jamur. Ini adalah perbedaan nyata antara jamur putih, cremini, dan portobello.

9. Asparagus
Sayuran hijau ini adalah cara lain untuk menikmati umami. Umami Information Center merekomendasikan untuk memasangkan asparagus dengan daging sapi goreng, saus miso, dan nasi.

10. Kedelai
Makanan berbahan dasar kedelai memiliki banyak rasa umami. Saus kedelai memiliki 1.264 mg glutamat per tiga setengah ons. Seperti kebanyakan makanan lain dalam daftar ini, kedelai juga memiliki kandungan glutamat yang lebih tinggi setelah fermentasi. Miso dan kedelai juga merupakan makanan umami yang baik.

11. Susu
Sapi dan ASI keduanya memiliki glutamat gratis. ASI memiliki 22 mg glutamat per tiga setengah ons dan susu sapi memiliki 22 mg glutamat per dua ons.

12. Kaldu tulang 
Kaldu tulang atau kaldu dashi dengan sayuran laut adalah perpaduan yang luar biasa dan sehat untuk Anda nikmati. Kaldu biasa digunakan untuk sup, semur, dan saus, atau membuat rasa luar biasa lainnya.

13. Kentang
Kentang membuat tambahan rasa umami lainnya untuk sup dan kaldu. Glutamat dalam kentang terlepas ke dalam sup, membuat kaldu kaya umami.

14. Wortel
Wortel berpadu baik dengan makanan umami lainnya seperti daging, kentang, kaldu, dan asparagus. (Devi Rahmadhani)

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/26/070000620/mengenal-rasa-umami-dan-14-makanan-dengan-umami-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke