Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resolusi Tahun Baru yang Tidak Pernah Terlaksana

KOMPAS.com - Tidak ingin mengulang kegagalan tahun lalu? Yuk mulai melakukan perubahan. Dimulai dengan mengevaluasi resolusi di awal tahun.

Resolusi tahun baru adalah hal yang umum dilakukan orang dan biasanya akan dengan cepat dilupakan di bulan Februari. Berikut adalah beberapa resolusi yang tak pernah terlaksana.

1. “Saya akan menurunkan berat badan tahun ini”
Menurunkan berat badan adalah salah satu resolusi paling umum yang dibuat orang dan juga salah satu yang paling sering gagal.

"Ketika Anda membuat tujuan umum seperti itu, Anda akan hancur sebelum dimulai," kata Stephanie Lincoln, penasihat kesehatan mental yang mengkhususkan diri dalam psikologi makan.

Buatlah resolusi yang lebih cerdas seperti: “Saya akan mencatat makanan saya setiap hari, bertujuan untuk mengurangi cukup kalori hingga kehilangan dua pon per minggu sampai saya mencapai target saya sebesar 3,5 kilogram.”

Atau, lewati target angka timbangan dan katakan, “Saya akan beralih dari 35 persen lemak tubuh menjadi 20 persen lemak tubuh.”

2. "Aku akan mendapat promosi besar!"
Ini adalah resolusi yang tidak sepenuhnya berada di bawah kendali Anda -karena atasan Anda memiliki hak suara dalam hal ini – hal ini menjadi sulit untuk dicapai.

Direktur Eksekutif untuk Robert Half Finance & Accounting, Steve Saah, menyarankan agar kita berkonsultasilah dengan bos tentang apa yang perlu dilakukan.

Kemudian buat daftar item tindakan yang dapat dicapai secara pribadi tahun ini. Rangkinglah berdasarkan urutan prioritas dan identifikasi langkah-langkah spesifik yang diperlukan untuk mencapainya. Memecahnya seperti ini akan membuatnya lebih dapat dicapai.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya akan menyelesaikan item X dalam daftar saya dengan ulasan tengah tahun saya.”

3. “Tahun ini saya akan menjalani hidup sehat!”
“Apa artinya itu? Pernyataan umum ini sangat samar sehingga nyaris tidak ada artinya,” kata Lincoln.

Untuk menyukseskan resolusi itu, Anda perlu mengasah hanya satu atau dua aspek kesehatan Anda dan benar-benar melakukan perubahan.

“Resolusi yang baik adalah S.M.A.R.T. (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Time-constrained) atau Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Berkekuatan Waktu,” jelasnya.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya akan menghentikan semua minuman manis selama 90 hari.” Atau “Saya akan berolahraga selama 30 menit lima hari seminggu.”

4. "Tak lagi menunda-nunda, aku menulis bukuku tahun ini!"
Apakah Anda memiliki resolusi berulang yang selalu muncul di daftar tahun baru tetapi tidak pernah tercapai? Apakah itu memulai bisnis, menulis buku, membuat perubahan pekerjaan, atau tujuan besar lain dalam hidup Anda?

"Jika Anda menunda-nunda melakukannya, hanya dengan memutuskan untuk mewujudkannya tidak akan berhasil,” kata Ana Jovanovic, seorang psikolog dan pelatih kehidupan dengan Parenting Pod.

"Ada alasan mengapa Anda menunda dan alasan itu harus ditangani jika Anda ingin melakukan perubahan," jelasnya.

“Mungkin aktivitas itu membuatmu merasa cemas. Mungkin itu berhadapan dengan rasa takut gagal. Mungkin itu membuat Anda bosan atau mungkin Anda gugup tentang konsekuensinya."

Resolusi yang lebih cerdas: "Saya akan melihat mengapa saya membuat resolusi ini setiap tahun dan menyelesaikan masalah mendasar apa pun."

5. "Aku akan mengikuti diet populer ini dan menurunkan 30 kg dalam 30 hari!"

Resolusi ini jelas lebih spesifik, namun mode diet yang menjanjikan penurunan berat badan yang ekstrem adalah ide yang sangat buruk,” kata Lincoln.

Bahkan jika Anda berhasil mempertahankan rencana seperti itu dan menurunkan berat badan, kecil kemungkinan Anda akan terus melakukannya dalam jangka panjang. Lagi pula, metode diet ekstrem biasanya tidak sehat.

Resolusi yang lebih cerdas: "Saya akan makan 500 kalori lebih sedikit per hari daripada yang saya bakar, untuk kehilangan satu pon seminggu."

6. "Aku akan melunasi semua utangku tahun ini!"
Meskipun keluar dari utang adalah tujuan yang penting, membuat resolusi yang ekstrem ini sangat sulit untuk dilakukan dan dapat membuat hidup Anda sengsara dalam menjalani prosesnya.

"Anda perlu menetapkan tujuan yang realistis, jika tidak resolusi itu akan gagal," kata perencana keuangan bersertifikat, Kathy Longo.

Tujuan finansial harus spesifik, dapat dilakukan, dan memiliki fleksibilitas untuk hidup Anda, tambahnya.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya akan membatasi makan di luar seminggu sekali dan membayar 500ribu ekstra pada kartu kredit saya setiap bulan.”

7. "Aku akan menikah tahun ini!"
Memutuskan untuk menikah atau menemukan hubungan yang penuh cinta itu hebat, tetapi karena tujuan ini bergantung pada tindakan orang lain untuk mencapainya, itu cenderung mengarah pada patah hati.

“Anda memerlukan tujuan yang dapat Anda capai, seperti meningkatkan jejaring sosial Anda, menemukan hobi baru, belajar untuk mencintai dan menerima diri sendiri, dan bersikap terbuka terhadap suatu hubungan,” kata Amy L. Stark, Ph.D, seorang psikolog klinis dan penulis.

Resolusi yang lebih cerdas: "Saya akan bertemu X orang baru setiap bulan" atau "Saya akan pergi ke terapis untuk membantu mengatasi kecemasan sosial saya."

8. "Aku harus mulai berolahraga tahun ini!"
Berolahraga secara teratur adalah resolusi yang hebat, tetapi jika dimulai dengan ‘Saya harus’ itu tidak akan efektif.

"Masalahnya ada pada penggunaan kata "harus" yang berarti itu bukan atas kehendak atau keyakinan Anda sendiri," kata psikolog Noelle Nelson Ph.D

Resolusi yang lebih cerdas: "Saya akan joging tiga hari seminggu dan angkat beban di gym di tempat kerja dua hari seminggu."

9. “Aku menghindari makanan manis!”
Lindsey Toth, ahli diet, mengatakan benar-benar tidak memakan camilan dapat membuat Anda merasa kehilangan dan bahkan menyebabkan makan berlebihan pada waktu terlarang.

"Ekstrem dalam bentuk apa pun sulit dipertahankan, dan apa yang Anda tambahkan ke rutinitas kesehatan sama pentingnya dan kadang-kadang lebih penting daripada apa yang Anda ambil," jelasnya.

Alih-alih berpantang gula sama sekali, Anda dapat fokus melakukan perubahan positif, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran serta mendapatkan protein yang cukup setiap hari.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya tidak akan memakan makanan manis sampai saya makan tiga porsi sayuran hijau hari ini.”

10. "Aku akan menyesuaikan bentuk badan dengan jinsku dari masa kuliah.

Memfokuskan secara ketat pada ukuran tidak baik untuk kesehatan serta bisa membuat frustrasi dan kontraproduktif, terutama jika tujuan Anda ekstrem.

"Berusaha menyesuaikan diri dengan skinny jeans Anda atau pakaian lain yang terlalu kecil bukan resolusi yang baik, hidup lebih penting daripada membuat diri Anda kelaparan dengan mengenakan pakaian tertentu," kata Libby Parker, spesialis diet terdaftar dan spesialis gangguan makan.

Resolusi yang jauh lebih baik adalah berdamai dengan tubuh yang Anda miliki. Anda dapat menikmati hidup sekarang atau terus menunggu hingga Anda kehilangan ‘x’ terakhir. Jangan menunggu sampai berat badan turun.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya akan mendengarkan tubuh saya dan makan ketika saya lapar dan berhenti ketika saya kenyang.”

11. "Tahun ini saya akan berhenti merokok, memperbaiki hubungan saya, menurunkan berat badan, dan menghasilkan lebih banyak uang!"

"Salah satu dari tujuan-tujuan ini dapat membuat resolusi yang baik, tetapi jika disatukan semuanya akan gagal pada bulan Februari,” kata David Essel, seorang pelatih kehidupan utama, penasihat, dan penulis.

Banyak orang memutuskan bahwa tahun ini seluruh hidup mereka akan berbeda, tetapi memiliki banyak tujuan besar hanya berarti Anda tidak akan memiliki cukup waktu atau energi untuk mencurahkan semuanya, dan akan menyerah dengan cepat ketika Anda tidak melihat hasil apa pun.

Tetap berpegang pada satu tujuan pada satu waktu dan sekali itu tercapai, buat resolusi baru dan Anda tidak harus menunggu untuk tahun baru berikutnya jika Anda selesai lebih cepat!

Resolusi yang lebih cerdas: "Saya akan pergi 90 hari tanpa merokok."

12. "Aku akan bahagia tahun ini!"
Semua orang ingin bahagia, itu adalah kebutuhan dasar manusia. Tetapi hanya dengan menyatakan niat Anda untuk ‘bahagia’ tanpa tahu apa yang perlu Anda ubah dalam hidup untuk merasa lebih bahagia hanya akan membuat lebih frustrasi dan sedih.

"Meskipun niat untuk bahagia itu penting, itu tidak akan terjadi dengan sendirinya. Sangat membantu untuk mengetahui motivasi Anda yang mendasarinya dan membuat rencana tindakan untuk perubahan perilaku," saran life coach Nancie Vito.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya akan mencari pekerjaan baru sehingga saya dapat keluar dari pekerjaan yang mematikan semangat saya.”

13. "Aku tidak akan bertengkar dengan istriku tahun ini!"
Sayangnya, bagian dari menjalin hubungan adalah memiliki perselisihan. Mengatakan bahwa Anda tidak akan memiliki perselisihan, itu adalah hal yang tidak realistis.

“Fokuslah pada pengembangan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan argumen dengan cara yang matang, berdasarkan cinta yang tulus,” kata pengacara keluarga David Reischer.

Bahkan pasangan terdekat bisa mendapat manfaat dari beberapa sesi dengan terapis untuk membantu mereka belajar berkelahi dengan adil.

Resolusi yang lebih cerdas: "Tahun ini saya akan berkomitmen untuk konseling perkawinan dengan pasangan saya."

14. "Aku akan berhenti dari pekerjaanku untuk berkeliling dunia!"
Meskipun menggoda, jangan pernah terburu-buru untuk berhenti dari pekerjaan yang memungkinkan Anda menjalani kehidupan yang nyaman dan terjamin, bahkan jika itu bukan pekerjaan impian Anda.

“Berfokuslah pada bagian dari pekerjaan Anda yang tidak Anda sukai — apakah itu bos Anda, perjalanan, atau kolega — berusahalah untuk bertemu orang-orang yang tepat dan mulai bekerja pada proyek-proyek yang Anda sukai,” saran Marrison

Ini bisa membantu Anda menemukan pekerjaan lain yang Anda sukai lebih baik atau membantu Anda belajar menyukai pekerjaan Anda saat ini.

Dan jika Anda benar-benar ingin melakukan perjalanan dunia, buatlah rencana konkret dan mulailah menabung setiap bulan sampai Anda punya cukup uang untuk melakukannya dengan aman.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya akan mengambil cuti sebulan dan pergi ke Brazil pada tahun 2022.”

(Devi Rahmadhani)

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/26/110000220/resolusi-tahun-baru-yang-tidak-pernah-terlaksana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke