Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cerdas Memanfaatkan Pohon Natal Bekas

KOMPAS.com - Memasang pohon natal beserta ornamennya di rumah menjadi rutinitas tahunan jelang momen hari natal. Namun, setelah natal berlalu, tak sedikit yang bingung memindahkan pohon tersebut.

Jika kamu salah satunya, beberapa opsi di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi. Sehingga, kamu tak sekadar menyingkirkan pohon natal tersebut, namun bisa memanfaatkannya kembali.

1. Mengembalikannya pada alam

Asosiasi Pohon Natal Nasional memiliki banyak ide berkelanjutan untuk mendaur ulang pohon, termasuk pohon natal.

Menurut mereka, pohon-pohon tua menjadi tempat pakan yang bagus dan tempat berlindung bagi ikan di kolam pribadi.

Jika kamu memiliki ikan peliharaan di rumah, kamu bahkan bisa memutuskan cabang-cabang kecil untuk dekorasi tangki ikan-ikan kecil.

Pohon juga bisa menjadi tempat singgah burung. Kamu bisa meletakannya secara berdiri di halaman rumah dan meletakan buah atau popcorn di batangnya untuk makan burung. Namun pastikan ornamen-ornamennya sudah dilepas.

2. Keperluan kebun

Jika kamu memiliki kebun, kamu bisa memanfaatkan pohon natal bekas tersebut sebagai alas yang bagus.

Setelah terkelupas, cabang-cabangnya dapat digunakan untuk memperkaya dan melindungi tanah kebun.

Lapisan tipis cabang juga dapat berfungsi sebagai dasar tumpukan kompos segar. Irisan tunggul juga bisa menjadi alas jalan setapak di sepanjang taman atau melapisi perbatasan taman.

Selain itu, pohon natal juga bisa ditanam kembali. Sehingga tahun depan saat membutuhkan pohon natal, kamu bisa mencabutnya kembali dan membeli semacam wadah yang bisa menampung pohon dengan akarnya.

Namun, opsi ini tentu saja tergantung pada ruang dan iklim pekarangan. Sebab pohon tersebut akan bisa bertahan di iklim ringan.

3. Membuat kerajinan

Ada banyak cara untuk membuat kerajinan dan barang kreatif dengan pohon. Batang pohon natal yang lebar cocok untuk dibuat benda seni seperti tatakan gelas, ornamen, dan lainnya.

Kamu juga bisa mewarnainya dengan cat atau spidol, menyulapnya menjadi hiasan mewah atau menjadikannya bahan bakar di pembakaran kayu.

Selain itu, beberapa cabang yang masih utuh bisa digunakan untuk karangan bunga atau pelapis jendela. Cabang dan potongan tunggul juga dapat digunakan kembali untuk membuat ranting-ranting kecil atau hiasan Santa.


4. Membuangnya dengan baik

Terakhir, kamu mungkin sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan pohon natalmu, namun kamu terpaksa harus membuangnya. Jika itu yang akan kamu lakukan, maka cobalah melakukan tahapan daur ulang sederhana berikut:

1. Petugas Dinas Kebersihan mungkin akan mengambilnya bersama dengan sampah-sampah lain. Ingatlah untuk tidak meninggalkan ornamen-ornamen dan juga lampu yang mungkin masih menempel.

Sebagai opsi, kamu mungkin bisa mencari organisasi non-profit yang bisa menampung pohon natal atau bahkan menukarnya dengan sejumlah uang.

2. Cobalah cari informasi di dinas-dinas lokal, mungkin saja mereka memiliki program mendaur ulang pohon natal bekas pakai.

Pada intinya, kita semua berusaha agar tradisi liburan lebih mendukung keberlangsungan.

Semoga cara ini menginspirasimu dalam memanfaatkan kembali pohon natal yang sudah tak terpakia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/12/26/120049220/cara-cerdas-memanfaatkan-pohon-natal-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke