Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Lebih Produktif di Tahun Baru

KOMPAS.com - Hampir semua orang rasanya membuat resolusi ketika memasuki tahun baru, namun hanya segelintir yang benar-benar serius merealisasikannya.

Sisanya, hanya membiarkan resolusi tersebut menjadi target semata.

Termasuk target produktivitas. Padahal, enterpreneur dan penulis sejumlah judul buku, Damon Brown mengatakan, pergantian tahun bisa menjadi titik awal yang sempurna untuk memulai kembali produktivitas yang kendur di tahun sebelumnya.

"Dalam buku Productive Bite-Sized Entrepreneur aku menuliskan, produktivitas adalah siklus, bukan adu lari cepat. Artinya, kita bisa menentukan kapanpun titik awalnya untuk mengatur ulang prioritas kita dan fokus," katanya.

Berikut empat langkah awal yang bisa kamu mulai untuk meningkatkan kembali produktivitas di awal tahun:

1. Menghapus email dari ponsel

Kedengarannya memang gila. Namun, Brown mengatakan bahwa dirinya mengenal banyak pengusaha sukses menghapus aplikasi email mereka dari ponselnya.

Hasilnya, mereka tidak terus-menerus memeriksa email ketika mereka seharusnya bekerja, berpikir atau mendengarkan.

Kita memang tetap bisa memeriksa email melalui browser web, namun langkah-langkah tambahan yang diperlukan untuk memeriksa email akan memerlambat kita.

Meskipun tidak sepenuhnya menghentikan kita membuka email, secara sadar maupun tidak kita akan menguranginya.

2. Mematikan notifikasi

Kita terbiasa untuk menyalakan notifikasi di ponsel kita. Namun, notifikasi kini menjadi lebih agresif dan getaran di saku seringkali tidak bisa dibedakan, antara keperluan pekerjaan yang mendesak atau sekadar pengingat diskon makan di kafe terdekat.

Demi produktivitas, matikan semua notifikasimu. Kamu bisa membuat pengecualian, misalnya hanya untuk panggilan telepon atau pesan teks dari atasanmu.

3. Jadwal bermedia sosial

Mengatur jadwal bermedia sosial tidak hanya untuk introvert. Bahkan, merencanakan waktu konkret untuk bermedia sosial dapat menghentikan waktu yang selama ini terbuang.

Mendedikasikan hanya, misalnya, 30 menit setiap hari untuk membuka media sosial juga bisa membantu kita lebih produktif dalam bekerja.


4. Memprioritaskan tiga hal

Kamu mungkin punya puluhan hal untuk dilakukan. Nah, cobalah untuk memangkasnya menjadi setengah dari itu, kemudian lakukan kembali.

Kamu mungkin akan menyadari bahwa daftar pekerjaanmu tersebut sebetulnya tak berguna dan bisa dikurangi.

Pada hari-hari terberatnya, Brown biasa hanya mengerjakan satu tugas. Menurutnya, menentukan prioritas kerja membuat kita mampu menyelesaikan tugas tersebut lebih cepat, sehingga siap mengerjakan tugas lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/01/143557920/4-cara-lebih-produktif-di-tahun-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke