Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Seputar Jumlah Gaji yang Diinginkan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagaimana jawabanmu jika kamu ditanya berapa gaji yang diinginkan saat wawancara kerja?

Jumlah gaji yang diinginkan seringkali membuat kita bingung. Ketika seorang pencari kerja mendapat pertanyaaan itu dari perekrut, belum tentu kita bisa menjawab ekspektasi atau jumlah gaji yang diharapkan.

Namun faktanya, bagaimana kita menjawab adalah awal negosiasi dari jumlah gaji untuk posisi yang dilamar.

Ada perdebatan mengenai cara terbaik dalam menjawab pertanyaan ini. Sebagian menyarankan untuk melewati atau menyerahkan pada perusahaan, sementara ada pula yang menganggap tidak masalah bagi kita memberikan besaran gaji yang diinginkan.

Kate Dixon, konsultan negosiasi gaji dan kompensasi mengatakan, apa yang sebenarnya diharapkan oleh perusahaan adalah angka yang berada dalam kisaran standar gaji mereka.

Beberapa daerah di Amerika, seperti New York City, dan negara bagian California melarang perusahaan bertanya kepada calon karyawan berapa jumlah gaji mereka di perusahaan terdahulu. 

Namun kita seringkali mendapatkan pertanyaan ini saat wawancara, karenanya bersiaplah menjawab pertanyaan ini.

Lalu bagaimana menghadapinya?

Pada aplikasi online, disarankan agar tidak langsung menjawab

Sulit menghadapi pertanyaan terkait ekspektasi atau jumlah gaji ketika kita tidak berbicara langsung dengan pihak perekrut. Itulah sebabnya sebagian pakar negosiasi mengatakan, kita harus menghindari menjawab pertanyaan tersebut di portal pekerjaan online.

"Jika ini bukan pertanyaan wajib dan kamu tidak perlu memasukkan apa pun, saya akan membiarkannya kosong," tutur Cynthia Pong, pendiri Embrace Change, bisnis pelatihan yang berfokus membantu wanita bernegosiasi dan transisi dalam karier mereka.

"Pilihan lain adalah menulis 'bisa dinegosiasikan' dan 'sangat terbuka untuk membahas hal ini ketika ada tawaran'," kata Pong.

Jika harus mengisi pertanyaan itu dengan angka, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menulis angka yang lebih tinggi. "Saya akan menyarankan mereka untuk menulis angka lebih tinggi dan menggunakan kisaran."

Josh Doody, konsultan negosiasi, memberi saran agar jawaban mengenai jumlah gaji tetap dibiarkan kosong, atau menuliskan nomor seperti "0" bila wajib diisi. Ia menyebut, seseorang tidak harus meletakkan angka sebenarnya di aplikasi online, karena banyak faktor yang belum diketahui.

"Dengan meletakkan jawaban spesifik di aplikasi online, kamu telah mengunci diri pada angka awal tanpa tahu banyak seperti apa peluangnya karena kamu belum berbicara dengan manajer perekrutan," kata Doody. "Yang kamu tahu adalah deskripsi mengenai pekerjaan di situs web."

Pong menambahkan, jika kamu ditanya secara langsung oleh perekrut atau manajer perekrutan, kamu dapat mengatakan sesuatu seperti, "Saya senang membicarakannya begitu ada tawaran," atau "Itu tergantung pada peran saya tepatnya."

Jika berbicara dengan seorang perekrut, kata Doody, kamu bisa menyatakan bahwa dirimu tidak ingin membicarakannya. Kalimatnya seperti, “Saya lebih suka fokus pada nilai yang saya bawa ke perusahaan. Saya ingin ini menjadi langkah besar ke depan dalam hal tanggung jawab dan kompensasi. Saya lebih suka tidak membicarakan ekspektasi gaji saya."

Ketahuilah bahwa pertanyaan ini adalah awal dari negosiasi gaji, bukan akhir. Jika kamu memperoleh informasi baru tentang posisi yang dilamar, kamu harus sanggup meminta gaji yang lebih sesuai.

Perlu dicatat bahwa kita sebaiknya mengerti lebih banyak mengenai perusahaan tersebut dan kisaran gaji karyawannya. Dengan begitu, bila kita memang harus menjawab, angka yang kita berikan tetap masuk akal dan berada dalam batas yang aman bagi perusahaan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/05/083622020/bagaimana-menjawab-pertanyaan-seputar-jumlah-gaji-yang-diinginkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke