Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jeans Ramah Lingkungan, Dibuat dari Bahan Organik dan Bisa Dijual Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pencinta jeans tentu tak asing dengan merek Nudie Jeans, brand asal Swedia yang menjadi pionir dalam program sustainability atau keberlanjutan, baik bagi lingkungan maupun sosial.

Produk Nudie Jeans yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001 di Gotenberg oleh Maria Erixon Levin ini terbuat dari 100 persen kapas organik yang tersertifikasi loh.

Ini berarti, tidak ada penggunaan bahan kimia dalam proses pembuatannya, sehingga tidak membahayakan para pekerjanya.

“Kenapa Nudie Jeans melakukan ini? Kalau ada 1 milyar jeans yang diproduksi di dunia setiap tahunnya dan 25 persen dalam proses pembuatannya menggunakan pestisida, bayangkan betapa banyak limbah yang akan merusak lingkungan? Slogan kami, non toxic denim,” ujar Bryce Alton, CEO of Nudie Jeans Australasia di Nudie Jeans Repair Shop Pondok Indah Mall beberapa waktu lalu.

Menurut Bryce, apa yang dilakukan Nudie Jeans dalam usahanya menjaga lingkungan tak sia-sia, terbukti salah satu perusahaan denim terbesar mulai memertimbangkan untuk menggunakan kapas organik dalam produksinya.

“Kami berusaha encourage brand lain untuk memakai kapas organik juga. Harapannya ke depan semua orang dapat berpikir dari sisi yang lebih baik untuk menyelamatkan lingkungan,” katanya.

Menariknya lagi, selain dari proses produksinya, Nudie Jeans juga menawarkan layanan perbaikan seumur hidup loh.

Jadi, selama punya produk Nudie Jeans dari tahun berapapun dan beli di manapun, bisa langsung dibawa ke Nudie Jeans Repair Shop untuk diperbaiki secara gratis.

Kabar baiknya, Nudie Jeans telah resmi membuka Nudie Jeans Repair Shop di Jakarta, Indonesia, yang merupakan Repair Shop pertama di Asia Tenggara.

“Kalau dulu pernah beli Nudie Jeans di luar negeri entah tahun berapa dan butuh perbaikan, langsung saja datang ke sini. Gratis tanpa biaya,”ungkap Bryce.

“Demikian juga kalo beli di Indonesia dan butuh perbaikan saat sedang berlibur ke luar negeri, kamu tinggal membawanya ke store terdekat dan gratis,” lanjutnya.

Bukan hanya itu, bagi kamu yang memiliki Nudie Jeans tapi sudah tak cukup lagi atau tak lagi suka modelnya, jangan langsung dibuang.

Bawa jeans kamu ke Nudie Jeans Repair Store dan kamu akan mendapatkan potongan harga 20 persen untuk produk terbaru.

“Lalu bagaimana dengan jeans lama yang dibawa? Kami akan mengambilnya, mencucinya, memerbaikinya, memasang tag harga, dan akan dijual kembali di toko sebagai produk vintage secondhand,” kata Bryce bersemangat.

Setiap Nudie Jeans dapat diperbaiki dengan special union machine yang dilakukan oleh tenaga ahli dari Nudie Jeans, bahkan jeans yang sudah usang sekalipun masih dapat dimanfaatkan dalam bentuk lain.

Hingga tahun 2018, Nudie Jeans telah memerbaiki 55.173 lembar denim, 2.932 lembar denim layak pakai yang terjual kembali secara global, dan 10.557 lembar denim bekas yang dikumpulkan untuk diolah kembali.

Sedangkan untuk tahun 2019, belum ada data yang dirilis secara resmi. Tapi Bryce yakin, angkanya akan melebihi yang telah dicapai di tahun 2018.

“Semangat keberlanjutan ini yang ingin kami sampaikan ke seluruh penggemar Nudie Jeans di Indonesia. Kami yakin dengan semangat keberlanjutan, kita dapat melindungi dunia dari kerusakan dan tetap tampil stylish di saat bersamaan,” pungkas Bryce.

Berbagai koleksi Nudie Jeans kini bisa kamu dapatkan di Nudie Jeans Repair Shop, mulai dari t-shirt, jaket, ikat pinggang, dan berbagai model jeans untuk pria dan wanita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/07/081500720/jeans-ramah-lingkungan-dibuat-dari-bahan-organik-dan-bisa-dijual-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke