Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Manfaat Sabun Sereh untuk Kulit, Bikin Rileks Hingga Atasi Jerawat

KOMPAS.com - Jika ada satu jenis sabun yang bisa memberi manfaat untuk kulit, maka manfaat sabun sereh jangan sampai terlewat.

Apalagi, sabun sereh memiliki manfaat antibakteri, antimikroba, dan juga antijamur. Itu sebabnya sabun sereh banyak digunakan pada produk sabun dan perawatan kulit alami.

Selain manfaat sabun sereh yang menjadi incaran banyak orang, aroma sabun yang satu ini juga begitu khas. Banyak orang yang suka dengan aroma sabun sereh karena tidak terlalu menyengat namun khas rempah.

Berikut ini beberapa manfaat sabun sereh untuk kulit:

1. Mengatasi jerawat

Sabun sereh mengandung zat antibakteri dan antijamur yang sangat cocok digunakan mereka dengan kulit sensitif terhadap jerawat.

Caranya pun mudah, cukup dengan membasuh wajah dengan sabun sereh secara berkala untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Bisa digunakan sebagai toner

Sabun sereh juga bisa digunakan sebagai toner yang dapat memperkecil pori-pori kulit. Tak hanya itu, sabun sereh rupanya juga bermanfaat untuk jaringan dan otot di kulit wajah. Bonusnya, sabun sereh juga bisa mengurangi keriput wajah.

3. Baik untuk rambut

Tak hanya untuk kulit wajah, sabun sereh juga bermanfaat untuk kesehatan kulit rambut. Kita bisa menggunakan sabun sereh yang dicampur dengan minyak tertentu dan digunakan saat keramas.

Biasanya, orang menggunakan campuran sabun sereh saat keramas untuk mengatasi kutu atau infeksi kulit kepala.

4. Meredakan stres

Siapa sangka sabun sereh juga bisa meredakan stres berkat aromanya? Itulah mengapa mandi menggunakan sabun sereh direkomendasikan untuk orang yang ingin relaksasi.

Selain sereh, kita juga bisa memadukannya dengan essential oil beraroma menenangkan seperti lavender.

5. Mengatasi luka gigitan serangga

Luka gigitan serangga di kulit bisa jadi sangat mengganggu. Namun kabar baiknya, kandungan citronella dalam sereh bisa membantu meredakan luka gigitan serangga seperti nyamuk.

Selain itu, meletakkan sabun sereh dan sabun lain yang beraroma herbal di lemari juga ampuh mengusir serangga.

6. Mengurangi selulit

Masih bingung bagaimana mengatasi selulit? Coba gunakan sabun sereh yang dipadukan dengan essential oil untuk membantu meratakan tekstur yang tidak rata akibat selulit. Caranya, pijat merata hingga meresap ke dalam kulit dan gosok perlahan dengan sikat lembut.

7. Deodoran

Manfaat sabun sereh yang juga tidak kalah penting adalah sebagai deodoran yang mengatasi bau badan tak sedap. Orang yang berkeringat berlebih direkomendasikan untuk menggunakan sabun sereh secara berkala.

8. Antioksidan

Sabun sereh yang dibuat dari essential oil sereh bisa menjadi antioksidan ampuh dalam menangkal zat radikal bebas.

Bahkan menurut penelitian, menggunakan sereh secara internal dan eksternal dapat mengurangi peradangan yang menjadi penyebab penyakit.

Bagaimana memilih sabun sereh yang baik?

Terlepas dari banyaknya manfaat sabun sereh untuk kulit dan kesehatan, tetap perhitungkan kemungkinan mengalami alergi.

Untuk itu, bagi yang baru pertama kali mencoba sabun sereh, coba aplikasikan dalam jumlah sedikit pada kulit untuk melihat ada tidaknya reaksi alergi.

Untuk memilih sabun sereh yang baik, pastikan kamu tahu apabila ada jenis sabun yang disesuaikan dengan kondisi kulit tertentu. Bisa jadi kebutuhan orang dengan kulit kering, kombinasi, dan berminyak berbeda-beda.

Selain itu, pilih sabun sereh yang baru dibuat dan masih baik kondisinya. Sabun yang terbuat dari bahan alami seperti sereh biasanya tidak menggunakan pengawet sehingga belum tentu tahan lama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/17/143938820/8-manfaat-sabun-sereh-untuk-kulit-bikin-rileks-hingga-atasi-jerawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke