Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Studi Buktikan Kunyit Efektif Atasi PMS

KOMPAS.com - Sindrom pra-haid atau PMS terjadi karena perubahan hormonal. Kondisi ini sering menyebabkan perubahan mood, nafsu makan bertambah, hingga rasa nyeri pada payudara yang tentunya mengganggu aktivitas.

Nenek moyang kita telah mengajarkan konsumsi herbal untuk meredakan PMS, salah satunya minuman kunyit.

Secara ilmiah, para peneliti menemukan bahwa curcumin (senyawa utama yang terkandung kunyit) ternyata memang efektif mengatasi gejala PMS.

Dalam penelitian terbaru, tim ahli mengungkap kaitan antara konsumsi curcumin dan pengaruhnya terhadap karakteristik emosi, fisik, dan gejala utama PMS, misalnya, lekas marah, cemas, sakit kepala, kram, kelelahan, dan kekurangan energi.

Setiap peserta mengonsumsi dua kapsul curcumin setiap hari selama tujuh hari sebelum menstruasi dan selama tiga hari setelah menstruasi. Tim peneliti juga mencatat gejala yang mereka alami melalui kuesioner.

Selama tiga siklus haid berturut-turut, mereka melaporkan penurunan gejala yang signifikan, yang menunjukkan bahwa rempah ini efektif dalam mengatasi PMS.

Para ahli menyebutkan, kunyit memiliki efek anti-inflamasi karena banyak gejala PMS terkait dengan peradangan (nyeri saat haid).

Jadi, kapan sebaiknya mengonsumsi kunyit?

"Dua kali sehari (setiap 12 jam) selama tujuh hari sebelum dimulainya menstruasi dan tiga hari memasuki menstruasi," kata Dr Kanchan Koya kepada MindBodyGreen.

Kita juga bisa menggabungkan kunyit dengan rempah lain. Tetapi, jumlahnya harus mencukupi agar efektif.

“Kamu bisa mencampurkan kunyit dalam masakan, tetapi akan sulit untuk mencapai tingkat curcumin (200 mg setiap hari) tanpa suplemen. Saya merekomendasikan suplemen berbasis kunyit lengkap dengan curcumin atau curcuminoids bioaktif lainnya,” katanya.

Di Indonesia, jamu kunyit asam juga bisa menjadi pilihan sebagai asupan untuk mendapatkan manfaat curcumin dari kunyit.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/21/074914820/studi-buktikan-kunyit-efektif-atasi-pms

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke