Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Jitu Kembalikan Semangat Berolahraga Setelah Cuti Lama

KOMPAS.com— Semakin jarang kamu bergerak, makin sedikit kamu ingin bergerak. Tak heran jika kembali berolahraga setelah lama tidak melakukannya adalah hal yang sulit.

Banyak alasan mengapa seseorang "cuti" dari rutinitas olahraganya, misalnya saja karena cedera, kehamilan dan persalinan, atau kesibukan yang menghalangi, kembali berolahraga dapat membuat kamu bertanya-tanya apakah semua upaya ini benar-benar layak dilakukan.

Mari kita lihat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk kembali berolahraga tanpa merasa terlalu berlebihan setelah cuti lama.

1. Berhentilah menilai diri sendiri

Apapun yang terjadi, terjadilah. Hidup akan mengambil kendali dan kamu telah menemukan dirimu di tempatmu hari ini. Tidak ada penilaian diri dan kata-kata kasar ypada tubuhmu yang akan membantumu bergerak maju dalam perjalanan ini.

Buat janji kepada diri sendiri bahwa kamu akan berhenti memberikan penilaian atas situasi yang sudah sulit. Kamu sekarang sudah bebas.

2. Kehilangan sikap 'semua atau tidak sama sekali'

Kesehatan dan kebugaran jangka panjang tidak ditemukan dalam rutinitas kebugaran ekstrem dan diet ketat. Hidup juga tidak berakhir gara-gara kamu makan sepotong cokelat tadi malam.

Hidup akan mengalami pasang surut, dan makin cepat saat kamu belajar menerima kamu sudah bergerak ke arah yang berbeda akan semakin baik.

Seperti kita ketahui orang yang sehat adalah mereka yang mampu hidup fleksibel, menyelesaikan latihan rutin dan memakan makanan sehat setiap hari. Konsistensi adalah kuncinya.

3. Dorong dirimu kembali ke gym

Tak harus ke gym, yang penting olahraga yang kamu sukai. Setelah istirahat lama, sangat mudah untuk merasa antusias dan menjadi terlalu keras, serta terlalu cepat saat latihan yang bisa mengakibatkan cedera atau kelelahan. 

Untuk itu, beri dirmu sendiri ruang dan waktu untuk membangun kembali hal tersebut.

4. Bangun landasan

Lakukan hal-hal yang 'membosankan'. Untuk kamu yang cuti olahraga karena hamil dan melahirkan, penting untuk meluangkan waktu untuk membangun kembali dari luar dan dalam.  Dalam hal ini adalah memahami dasar panggul dan otot transversus abdominis penting dilakukan, bahkan para pria.

Begitu banyak orang duduk di meja sepanjang hari, lalu pergi ke gym dan mengeluh sakit punggung atau cedera.

Sebenarnya hal ini dapat dihilangkan jika kita semua belajar bagaimana "mengaktifkan secara luar dalam". 

5. Pelajari pola gerakan dasar

Sebelum kamu membeli perlengkapan latihan yang baru, ada baiknya kamu mempelajari pola dasar sehingga bisa melakukannya dengan baik dan benar.

Pasalnya, melakukan pola gerakan dasar yang benar akan membangun kekuatan dan memungkinkan kamu melakukan semua latihan yang tampak menarik di gym tanpa melompat terlalu cepat terlalu cepat dan berisiko cedera.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/21/083300820/cara-jitu-kembalikan-semangat-berolahraga-setelah-cuti-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke