Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gwyneth Paltrow Jalani Aktivitas Murah dan Sederhana demi Hidup Sehat

Situs Goop penuh dengan produk-produk kesehatan yang mahal.

Bayangkan saja, ada selimut sauna infrared 500 dollar AS atau sekitar Rp 6,8 juta, atau sebotol infused water seharga 84 dollar AS atau kira-kira Rp 1,1 juta.

Tetapi di  balik kemewahan itu, untuk rutinitas harian -ternyata, Gwyneth Paltrow melakukan praktik kesehatan favorit yang sangat sederhana dan murah, yakni berjalan kaki.

"Saya mulai berjalan sekitar satu setengah tahun yang lalu, dan saya pastikan berjalan setiap hari," kata Paltrow kepada Julia Boorstin dalam sebuah wawancara dengan CNBC Make It.

Terkadang, ia berjalan bersama suaminya, Brad Falchuk, serta anak-anak Apple dan Moses.

Di lain waktu, ia pun kadang memilih berjalan keluar sendirian.

"Berjalan adalah waktu untuk membiarkan otak melepaskan diri dari input, sambil memiliki udara segar dan menggerakkan tubuh," kata dia.

"Itu juga, dari sudut pandang penelitian, menjadi salah satu hal tersehat yang bisa kita lakukan adalah berjalan kaki."

Pada tahun 2017, Goop melaporkan bahwa Paltrow bersungguh-sungguh dengan "earthing" atau berjalan tanpa alas kaki di alam.

"Mereka mengatakan, kita kehilangan kontak dengan bertelanjang kaki di bumi dan ada beberapa jenis hal elektromagnetik yang kita lewatkan."

Begitu ucap Paltrow dalam tayangan di ABC, "Jimmy Kimmel Live!", Juni 2017.

Sementara itu, penelitian tentang "earthing" tidak begitu jelas, banyak studi menunjukkan bahwa berjalan di alam memiliki manfaat yang sesungguhnya.

Studi mengungkap, berjalan dapat meningkatkan output kreatif hingga 60 persen, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi perasaan bosan.

Sebuah studi tahun 2015 dari Stanford University menemukan, berjalan kaki 90 menit di alam terbuka meningkatkan fungsi kognitif serta mengurangi kecemasan.

Berjalan kaki dihitung sebagai bentuk latihan kardio berdampak rendah, dan itu dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Demikian penjelasan yang dikutip dari National Institutes of Health.

Berjalan cepat selama 30 menit sehari (lima hari seminggu) sudah cukup memenuhi pedoman latihan federal untuk orang dewasa.

Selain berjalan, latihan rutin Paltrow juga meliputi olahraga setiap hari dengan pelatih selebritas, Tracy Anderson.

"Saya telah menjadi fans Tracy Anderson selama lebih dari satu dekade, saya adalah investor di perusahaannya, jadi saya pergi setiap pagi," kata dia kepada Women's Health pada Maret 2017.

"Walau banyak praktik kesehatan yang direkomendasikan Goop dinilai mahal, prinsip kesehatan sejati semuanya gratis," kata Paltrow kepada New York Times pada Maret 2019.

"Berada di alam, bermeditasi, memakan makanan raw. Jika kamu memberi tahu kakek-nenek bahwa makan makanan 'utuh' adalah elitis, mereka akan mengira kamu gila," cetus dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/21/174031420/gwyneth-paltrow-jalani-aktivitas-murah-dan-sederhana-demi-hidup-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke