Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei: Wanita Indonesia Dambakan Kulit Cerah dan Glowing

KOMPAS.com— Kriteria cantik sebagai kulit yang cerah dan glowing masih dipegang oleh sebagian besar responden wanita yang disurvei.

Hal itu terungkap dalam survei ZAP Beauty Index 2019 yang diadakan oleh klinik kecantikan ZAP Clinic. 

Survei yang dilakukan di tahun 2019 itu menunjukkan bahwa 46,7 persen responden mendefinisikan cantik berarti memperindah penampilan secara keseluruhan atau weII-dressed.

Memiliki kulit cerah dan glowing menjadi definisi cantik secara umum bagi sebagian besar perempuan Indonesia (82,5 persen). Padahal, sebelumnya definisi cantik adalah wanita yang bugar dan sehat.

Survei ZAP Beauty Index 2019 dilakukan secara online dan melibatkan 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019.

Survei yang komperhensif ini memotret perilaku tiga generasi berbeda terhadap kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun).

Menurut Head Medical and Training ZAP, dr Dara Ayuningtyas, kriteria kulit glowing sendiri memiliki tiga kriteria yakni warna kulit yang merata, tekstur wajah dan kekencangan kulit.

"Tekstur kulit yang kerap dikhawatirkan adalah pori-pori. Bila melakukan perawatan, pori-pori memang tak bisa dihilangkan sama sekali, melainkan hanya meminimalkan," katanya.

Dara melanjutkan, untuk mendapatkan kulit glowing yang sehat, seseorang harus melakukan perawatan atau skin care yang tepat, yang sesuai dengan permasalahan kulit.

“Ada hal-hal yang penting sebelum memilih skincare. Pertama, pilih skincare sesuai dengan jenis kulitmu, apakah normal, kering atau berminyak, tahu masalah kulit,” ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/23/163000720/survei--wanita-indonesia-dambakan-kulit-cerah-dan-glowing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke