Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memasuki Tahun Tikus, Waspada Munculnya Penyakit-penyakit Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona (coronavirus) yang bermula di Kota Wuhan, Cina, kini menjadi perhatian masyarakat dunia karena penyebarannya yang cepat.

Sebelum muncul wabah virus corona, ada sejumlah penyakit lainnya yang juga menggemparkan dunia. Di antaranya SARS, flu babi, cacar monyet, dan lainnya.

Memasuki Tahun Baru Imlek 2571 atau tahun tikus logam, Motivator fortune teller, Madam Arra mengatakan bahwa munculnya wabah virus corona menjadi salah satu penanda bahwa pada setahun ke depan masih akan muncul penyakit-penyakit baru lainnya yang perlu diwaspadai.

"Bisa muncul yang kayak begitu. Penyakitnya juga aneh-aneh, cenderung penyakit baru. Misalnya, kayak demam berdarah tapi bukan, kayak campak tapi bukan."

Hal itu diungkapkan Madam Arra ketika ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Meski begitu, menurutnya kita jangan mudah panik, apalagi melakukan upaya yang terlalu berlebihan untuk melindungi keluarga.

Perilaku mudah panik dan terlalu protektif tersebut, menurut Madam Arra, justru bisa membuat seseorang kecolongan dan akhirnya rentan terkena penyakit tersebut.

"Misal, jangan minum ini-itu nanti batuk. Lho, enggak minum itu juga bisa batuk. Jadi secukupnya saja, bukan enggak boleh ini-itu. Karena saking ketakutannya jadi sakit. Sewajarnya saja, jangan berlebihan," ungkapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/24/083054020/memasuki-tahun-tikus-waspada-munculnya-penyakit-penyakit-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke