Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pola Makan, Kunci 8 Cara Membakar Lemak Perut

KOMPAS.com - Siapa yang setuju bahwa lemak di bagian perut adalah yang paling sulit diusir? Ada banyak cara membakar lemak perut tapi tentu tak semudah teorinya.

Bagi banyak orang, lemak di perut bisa mengganggu penampilan hingga mengurangi rasa percaya diri. Tak hanya itu, lemak perut yang termasuk dalam lemak viseral ini juga merupakan faktor risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan lainnya.

Bahkan orang yang bertubuh kurus namun memiliki lemak perut berlebih juga punya risiko serupa.

Untunglah ada banyak sekali cara membakar lemak perut yang bisa dicoba sendiri. Berikut ini beberapa yang sudah terbukti secara ilmiah:

1. Banyak konsumsi serat larut air

Bonusnya, jumlah kalori yang diserap tubuh juga berkurang. Lalu, apa saja jenis makanan yang mengandung serat larut air atau soluble fiber? Coba flaxseeds, mie shirataki, alpukat, blackberry, dan kacang-kacangan.

2. Tidak minum alkohol

3. Diet protein tinggi

Untuk itu, masukkan makanan yang mengandung protein tinggi sebagai salah satu cara membakar lemak perut. Pilih sumber protein seperti daging, ikan, telur, produk olahan susu, hingga biji-bijian.

4. Kurangi stres

Ketika hormon kortisol tinggi, maka nafsu makan bisa naik. Konsekuensinya, lemak perut bisa bertambah. Hal ini yang terjadi pada orang yang saat patah hati atau gagal di pekerjaannya melampiaskan stres mereka pada makanan.

Alternatifnya, temukan aktivitas pereda stres lain seperti yoga, meditasi, berolahraga, atau hobi lainnya.

5. Batasi makanan manis

Mulai sekarang, batasi konsumsi makanan manis atau yang mengandung gula terlalu tinggi, terutama makanan yang telah diproses dan diberi pemanis buatan.

6. Olahraga intensitas tinggi

Artinya, orang yang melakukan olahraga cardio lebih sering setiap minggunya tentu akan merasakan hasilnya lebih signifikan dalam mengurangi lemak perut.

7. Jaga kualitas tidur

Pastikan juga tidur benar-benar berkualitas setiap harinya. Apabila ada masalah terkait tidur seperti insomnia atau sleep apnea, segera konsultasikan ke dokter.

8. Hindari minuman manis

Lebih parahnya lagi, otak tidak memproses masuknya kalori cair ke tubuh sama seperti saat mengonsumsi kalori solid. Artinya, ada kemungkinan seseorang mengonsumsi terlalu banyak kalori dan gula dari minuman manis.

Dari beberapa cara membakar lemak perut di atas, coba temukan mana yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Intinya adalah mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat.

Tentu, cara membakar lemak perut bukan sulap yang bisa berhasil secara instan. Perlu usaha, komitmen, dan juga tekad bulat. Ketika lemak perut sudah berhasil diusir, bonusnya adalah tubuh yang tentu saja lebih sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/28/114244320/pola-makan-kunci-8-cara-membakar-lemak-perut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke