Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Giring Ganesha soal Perkembangan Industri E-sports Tanah Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir, industri e-sports atau olahraga elektronik telah berkembang begitu pesat.

Dari data yang dirilis Newzoo pada tahun 2019, Indonesia menjadi salah satu pasar video game terbesar di kawasan Asia Pasifik, dengan angka mencapai 1,1 miliar dollar AS (sekitar Rp. 14, 9 triliun).

Hal ini membuat Giring Ganesha, Presiden Indonesia E-Sports Premier League (IESPL) sekaligus Ketua Penyelenggara Piala Presiden E-Sports 2020, angkat bicara.

"Jika melihat perkembangan e-sports di masa mendatang, untuk e-sports Indonesia akan menjadi yang terbaik di ASEAN," kata Giring saat ditemui di acara yang digelar Insto Dry Eyes di Jakarta, Rabu (29/01/2020).

Namun, ia menambahkan, industri e-sports Indonesia perlu pengembangan lebih agar bisa bersaing di ranah global.

"Di Indonesia, anomalinya adalah lebih banyak pemain mobile gaming. Sedangkan di dunia, pc gaming. Jadi, kita harus mengembangkan pc gaming untuk menaklukkan dunia."

"Sebenarnya, sebelum era mobile gaming, pc gaming sudah ada. Cuma sekarang fokus orang tidak ke sana."

Selain itu, ia juga menyinggung Final Piala Presiden E-Sports 2020 yang akan digelar di ICE BSD, Tangerang, pada 1-2 Februari mendatang.


Menurutnya, final kali ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

"Di tahun 2019, Piala Presiden E-Sports hanya satu jenis game dan berskala nasional. Khusus di tahun ini, jumlah game-nya lebih banyak, bahkan ada game lokal buatan anak bangsa."

"Event ini juga berskala regional. Bukan cuma atlet kita yang ikut serta, tapi dari negara lain yaitu Thailand, Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Kamboja," ujar dia.

"Cita-cita saya bersama IESPL, menciptakan platform e-sports profesional, baik itu turnamen atau liga, agar atlet kita bisa berlatih dan sejahtera, bahkan juara dunia. As simple as that."

"Kita juga akan berkomitmen, jika memang sudah saatnya e-sports di tanah air mengarah kepada pc gaming."

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/29/202122520/kata-giring-ganesha-soal-perkembangan-industri-e-sports-tanah-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke