Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Memakai Perhiasan Mutiara di Kalangan Artis Pria Hollywood

KOMPAS.com - Sejak rumah-rumah mode seperti Dior, Alexander McQueen, Ryan Roche, dan banyak lagi mengirim model pria ke catwalk dengan mengenakan kalung, mahkota dan aksesoris yang terinspirasi oleh baroque, kalung mutiara khususnya telah bermunculan dan semakin terkenal di red karpet beberapa acara.

Pada Grammy 2020 lalu, baik Joe dan Nick Jonas mengenakan untaian mutiara untuk melengkapi penampilan mereka saat membawakan "What a Man Gotta Do".

Sementara Shawn Mendes, mengakses pakaian berwarna fuchsia Louis Vuitton-nya dari Virgil Abloh, dengan untaian mutiara baroque yang diikatkan di rompi di dekat pinggang.

Sementara itu, Usher mencuri perhatian di acara afterparty Sony dengan kalung mutiara tebal yang dicampur dengan kalung berlian kecil.

Tetapi, para musisi ini bukanlah yang pertama yang mencoba mengenakan batu berharga ini.

Sebelumnya Billy Porter, A $ AP Rocky, Harry Styles, dan lainnya telah terlebih dahulu mengenakan mutiara dalam beberapa bulan terakhir.

"Industri fashion dan hiburan memasuki periode baru di mana bukan hanya wanita yang bisa bermain-main dengan tren berdasarkan identitas gender," stylist Andrew Gelwicks - yang kliennya termasuk Catherine O'Hara, Lisa Rinna dan Ryan Jamaal Swain.

“Fakta bahwa pria berbakat papan atas seperti Shawn Mendes dan Joe Jonas bereksperimen dengan tren berbau wanita secara historis, seperti kalung mutiara adalah indikator yang jelas tentang bagaimana setiap dan semua tren siap diperebutkan, terlepas dari siapa yang secara tradisional memakainya di masa lalu,” lanjutnya.

Mutiara telah menjadi favorit para wanita Hollywood sejak lama.

Perhiasan yang diambil dari laut ini terlihat menyatu dengan rambut dan riasan wajah yang dramatis.

Bahkan, juga dipakai sebagai batu utama untuk cincin pertunangan unik milik Emma Stone.

Dan daya tarik mutiara mungkin lebih dari sekadar estetika.

"Mutiara telah menjadi simbol status sejak Sebelum Masehi, dan bernilai lebih mahal dan jarang daripada berlian selama bagian-bagian tertentu dalam sejarah," Ajay Anand, CEO Rare Carat.

“Julius Caesar hanya mengizinkan kelas penguasa untuk memakainya, para ksatria mengenakannya di medan perang selama Abad Kegelapan untuk menjaga mereka tetap aman," ungkap Anand. 

"Dan dikabarkan bahwa Cleopatra pernah menghancurkan mutiara menjadi anggur, agar Antony membuktikan bahwa dia bisa menjadi tuan rumah makan malam paling mahal,” lanjutnya.


Dan pesona mutiara tidak terbatas juga ada pada sejarah Eropa.

“Di Tiongkok kuno, dipercaya bahwa mutiara dipakai sebagai perlindungan dari api,” Penilai Ahli Permata Internasional Institute Gemological, Scott Friedman, GG, ASA.

“Dalam budaya lain, mutiara melambangkan kesucian. Pembentukan mutiara terjadi di dalam cangkang moluska, membuat permata organik secara alami ” imbuhnya

Dengan demikian, mungkin, lebih menarik bagi selebriti yang ingin menonjol dari kerumunan.

Pada akhirnya, individualitas adalah apa yang dikejar semua orang di karpet merah.

”Secara pribadi, saya suka tren ini jika bukan karena alasan lain, selain itu adalah contoh lain dari pria yang bersenang-senang dengan fashion dan tidak terikat oleh stereotip gender tradisional," kata stylist Adam Ballheim, yang bekerja dengan Zachary Quinto dan Jharrel Jerome.

“Bahkan beberapa tahun yang lalu, kalung mutiara pada pria mungkin dipandang sebagai provokatif dan kelewat batas."

"Tapi sekarang, ini hanyalah cara lain bagi para pria untuk menonjolkan signature unik mereka sendiri pada penampilannya di karpet merah,” ungkap Adam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/31/205134620/tren-memakai-perhiasan-mutiara-di-kalangan-artis-pria-hollywood

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke