Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Kesehatan, Perhatikan Cara Duduk yang Benar di Meja Kerja

KOMPAS.com - Duduk di meja kerja seharian penuh mungkin terasa menyiksa. Tak hanya membuat tubuh terasa pegal, cara duduk yang tidak tepat juga bisa mengganggu kesehatan.

Namun, seperti apa cara duduk yang tepat?

1. Jangan duduk terlalu lama

Seperti dilansir dari laman the Guardian, principal ergonomist di the Health and Safety Executive, Matt Birtles menyebutkan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan duduk terlalu lama.

Kamu bisa saja memiliki kursi mahal di meja kerjamu, namun duduk terlalu lama tetap akan membuatmu merasakan sakit dan pegal.

Ambillah sedikit waktu jeda, misalnya lima menit setiap jamnya. Kemudian, perbanyaklah berdiri di waktu lainnya.

Jika perlu, lakukanlah pertemuan sambil berdiri. Ketika akan berkomunikasi dengan rekan kerja, kamu juga bisa memilih untuk menghampirinya alih-alih mengirimi email atau pesan singkat.

Jika kamu bekerja dari rumah, kursi kerjamu mungkin tidak senyaman dan empuk seperti kursi kantor. Jadi, ambillah jeda lebih banyak.

Pada masa jeda, beristirahatlah di sofa di mana kamu bisa menyandarkan tubuh dan tanganmu dengan nyaman.

Namun, kamu juga perlu menerapkannya secara berkala. Gerakan adalah kunci kesehatan tulang dan otot.


2. Postur yang baik

Pahamilah seperti apa kursi di meja kerjamu. Untuk mendapatkan postur tubuh yang baik, kamu harus bisa rileks dengan sebagian besar tubuhmu harus berkontak dengan kursi. Misalnya, bagian sandaran harus mendukung lekuk punggungmu.

Mulailah dengan kedua kaki bersandar nyaman di lantai dan sesuaikan tingginya. Jika sangat mudah menyelipkan jari-jemari di bawah pahamu, artinya kursi terlalu rendah.

Namun, jika terlalu sulit, artinya kursimu terlalu tinggi.

Ada sandaran tangan bukan berarti untuk kamu menyandarkan tangan. Bagian itu berfungsi untuk membantumu berdiri dari kursi, jadi kamu tak perlu mengkhawatirkan bagian itu kecuali jika memiliki masalah bahu.

Membungkuk memang tak dapat terhindari karena otot kita mudah terasa lelah, namun jika kursi sudah diatur dengan tepat kita tidak akan membungkuk terlalu jauh.

Jika menyadari tubuh mulai membungkuk, cobalah bangkit dan berjalan-jalan sejenak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/03/075941020/demi-kesehatan-perhatikan-cara-duduk-yang-benar-di-meja-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke