Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Jam Tangan Mewah, Ketahui Cara Menjaganya

KOMPAS.com - Jika kamu baru pertama kali memiliki jam tangan mewah, terkadang kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan saat membeli atau merawat jam tangan baru itu.

Bahkan sejak awal, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat membeli jam tangan mewah.

Pertama, kita perlu mempertimbangkan apakah berencana memakai jam tangan setiap hari atau hanya untuk acara tertentu.

Jam tangan sederhana yang elegan mungkin bukan pilihan terbaik untuk dipakai sehari-hari, meskipun beberapa seri seperti Omega Speedmaster atau Rolex GMT cocok untuk kedua skenario tersebut.

Sebaliknya, jam tangan yang terlalu sporty mungkin juga kurang cocok dikenakan pada acara-acara resmi. Jadi tentukan, kapan kelak kamu akan memakainya.

Jika kita senang memacu adrenalin, kita pasti mencari jam tangan yang dapat memenuhi gaya hidup kita dengan fungsi tertentu.

Selain itu, pertimbangkan ukuran case. Sebagian pria dapat memakai jam tangan dengan case 40 - 44 mm secara nyaman, tapi jam tangan yang dicari bisa saja memiliki ukuran lebih kecil atau lebih besar.

Jadi pastikan coba jam tangan terlebih dahulu sebelum membeli dan tidak hanya bertindak berdasarkan dorongan hati.

Komunitas Reddit telah mempertimbangkan topik ini, dan banyak pengguna memberikan saran untuk calon pembeli jam tangan.

Akun Thermodynamicfish misalnya mengatakan, "Lihatlah sebanyak mungkin bentuk dan merek jam tangan di internet, lalu pilihlah mana saja yang kamu sukai."

"Selanjutnya pergi ke toko dan lihat secara langsung, karena jam tangan jauh berbeda antara online dan melihat langsung. Kita ingin memastikan jam cocok dengan standar kita, termasuk beratnya, kenyamanan, ukuran yang proporsional."

"Jam tangan perlu diservis pada akhirnya, jadi tanyakan juga biaya untuk melakukannya."

Tempat kita membeli jam tangan juga harus dipertimbangkan. Entah membeli dari toko resmi atau toko online.

Popularcolor mengatakan, ada beberapa situs yang bisa dipercaya dalam menjual jam tangan. Tapi kita harus berhati-hati, karena banyak pula yang menjual barang palsu.

Intinya kita harus yakin terlebih dahulu bahwa toko atau penjualnya bukan tukang tipu. Karenanya carilah yang bergaransi.

Di sisi lain, ada juga samacam pasar gelap yang menjual barang asli. Kita memang bisa menghemat uang, tapi hal itu disertai risiko mendapatkan barang abal-abal.

Sedangkan belanja di dealer resmi akan memberikan ketenangan pikiran dan hubungan yang baik jika kita adalah pelanggan loyal dari sebuah merek.

Merawat jam tangan

Jika kamu telah menemukan jam tangan yang diinginkan, maka sekarang harus tahu cara merawatnya.

Steve Mellin, watch group category manager Gregory Jewellers menyebutkan beberapa kesalahan yang dilakukan orang terkait jam tangan, dan bagaimana cara terbaik menghindarinya.

Steve mengatakan, ia melihat banyak pemilik jam tangan mewah lupa untuk memperhatikan pemutar atau tombol sebelum melompat ke kolam atau laut.

Jika lupa memutarnya dengan erat, jam tangan tidak tersegel, sehingga air mudah masuk.

Ia mengumpamakan hal ini dengan "Membiarkan pintu Landrover kita terbuka saat melewati jalur air, dan kemudian bertanya-tanya mengapa kaki kita basah."

Kedua, ia mengatakan, kita tidak seharusnya meletakkan jam tangan dengan tumpuan di bagian crown ketika tidak memakainya.

Melakukan hal itu akan "menempatkan tekanan atau guncangan yang tidak perlu pada stem pemutar."

Ditambah lagi, jika jam tangan diletakkan sembarangan, misalnya miring, maka gravitasi dapat menarik pegas spiral ke satu sisi, yang akhirnya memengaruhi tingkat ketepatan waktu.

Meletakkan jam pada sisinya, dan bukan meratakannya, juga akan menyebabkannya menjadi kurang stabil, meningkatkan risiko terjatuh dan tergoresnya case serta gelang jam tangan.

Steve juga merekomendasikan orang-orang agar tidak meletakkan jam tangan mereka di dekat ponsel dan tablet, terutama jika memiliki penutup magnetik.

"Ini sangat buruk bagi pergerakan jam tangan karena menyebabkan daya tarik magnetik yang memengaruhi keakuratan jam tangan kita."

"Beberapa merek memiliki pegas spiral halus anti-magnetik yang melindungi gerakan, tapi mengapa mengadu nasib?"

Saat mengatur waktu dan tanggal pada jam tangan, hindari mengubah apa pun di antara jam sembilan malam dan jam tiga pagi.

Sebaliknya, putar jarum jam atau tanggal di luar jam tersebut, misalnya jam lima.

Steve mengatakan, "Hal ini akan mencegah kemacetan pada roda gigi yang memfasilitasi perubahan hari atau tanggal."

Perawatan lain untuk jam tangan mewah adalah menjaganya tetap bersih.

Sebagian besar jam tangan saat ini punya kemampuan water-resistant hingga taraf tertentu, sehingga membersihkannya dengan kain lembap tidak masalah.

Pastikan pemutar dan tombol apa pun dalam kondisi terkunci, baru dilap. Kita dapat menggunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam air untuk membersihkan gelang logam pada jam.

Di sisi lain, tali berbahan kulit akan menjadi aus dan kehilangan kekakuan dari waktu ke waktu.

Kita bisa membersihkannya dengan kain lembap dan sabun lembut, serta kondisioner kulit untuk menambah usia tali kulit.

Terakhir, jam tangan kelas atas dibuat sedemikian rupa sehingga mereka membutuhkan perawatan rutin --umumnya setiap lima hingga tujuh tahun, namun penting untuk membaca informasi pada jam tangan yang dimiliki.

Bagaimana memakai jam tangan mewah

Kita pasti ingin memamerkan jam tangan segera setelah membelinya. Aturan umum adalah mengenakan jam tangan di pergelangan tangan yang tidak dominan, walau itu terserah pada pilihan pribadi.

Namun, aturan tersebut berlaku saat kita menghadiri acara yang sifatnya formal. Mungkin memang tidak ada orang yang menegurmu. Tapi mereka yang mengetahui aturan-aturan itu, bisa jadi menganggapmu orang yang kurang memahami barang-barang mewah,

Pilih jam tangan yang tepat untuk setiap acara. Misalnya hindari memakai G-Shock saat menuju pesta pernikahan. Sebenarnya boleh saja, hanya saja gaya itu tidak cocok dengan tren yang berlaku saat ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/03/202424520/punya-jam-tangan-mewah-ketahui-cara-menjaganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke