Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Meghan Markle Diharap Jadi "Jurubicara Mode" untuk Kanada...

Seperti yang diberitakan, Harry dan Meghan bulan lalu mengumumkan pengunduran diri dari tugas kerajaan demi melindungi privasi dan mendapatkan kebebasan finansial.

Efek Meghan -di mana sebuah merek mengalami lonjakan penjualan setelah sebuah produk dipakai oleh Duchess of Sussex, sepertinya masih akan terus berlanjut, meski dia tak lagi berada di Istana.

"Orang-orang hanya benar-benar memerhatikan apa pun yang dipakai Meghan," kata Jeanne Beker, kolumnis senior bidang mode yang tinggal di Toronto.

"Desainer dari seluruh dunia berteriak agar Meghan mau memakai kreasi mereka," sebut Jeanne.

Saat ini, pertumbuhan industri fesyen Kanada sedang melambat.

Penjualan ritel pakaian dan aksesoris turun 2,1 persen pada 2017 menjadi 30,6 miliar dollar Kanada. Padahal di sektor ritel lain terdapat kenaikan 6,7 persen secara keseluruhan.

Di sisi lain, para desainer Kanada sudah tidak asing dengan efek kuat yang dimiliki oleh seorang Meghan Markle terhadap kesuksesan sebuah merek.

Pada 2017 -misalnya, Meghan mengenakan mantel putih dari Line the Label, kreasi seorang desainer Toronto, dalam penampilan publik pertamanya setelah pertunangannya dengan Harry.

Dampaknya, pakaian itu langsung terjual habis -dan lonjakan minat menerjang situs web label tersebut di beberapa bagian dunia.

Lalu, Sentaler -merek dari Toronto, yang mantel wol alpaka kremnya dikenakan Meghan selama Natal pertama bersama keluarga kerajaan di tahun 2017, juga merasakan “efek Meghan”.

"Setiap kali Meghan muncul dengan Sentaler, efeknya luar biasa," kata sang pendiri, Bojana Sentaler dalam wawancara melalui surat elektronik dengan South China Morning Post.

"Kami melihat peningkatan lalu lintas di semua lini. Tak hanya pilihangaya yang dia kenakan, tapi gaya yang serupa lainnya juga terjual habis," kata dia.

Sementara itu, Gail McInnes, pemilik Magnet Creative Management, sebuah perusahaan manajemen mode yang berbasis di Toronto memiliki pandangan sendiri.

Dia melihat, Meghan Markle telah menunjukkan minat untuk menonjolkan merek independen.

Preferensi ini mungkin disukai oleh industri fesyen Kanada, yang cenderung menggunakan tim produksi kecil, yang terdiri dari staf lokal.

"Dia seperti sudah mengambil peran sebagai jurubicara mode Kanada tak resmi," ungkap McInnes.

“Meghan akan memengaruhi kehidupan banyak orang hanya dengan mengenakan sebuah gaun,” sebut dia.

Hal ini merupakan angin segar bagi Kanada, di saat banyak desainer negeri itu yang harus pindah ke Amerika Serikat, demi bertahan hidup.

“Tidak perlu dipertanyakan lagi, jika Meghan ada di luar sana mengibarkan 'bendera' untuk industri fesyen lokal kami, maka dia akan mengundang lebih banyak perhatian publik," kata Jeanne

Pangeran Harry juga memiliki pengaruhnya sendiri.

"Dia pasti akan menjadi inspirasi untuk gaya global untuk pakaian pria juga," kata Roger Gingerich, broker fesyen yang telah menghabiskan hampir empat dekade di industri Kanada.

Beragam iklim dan musim yang terjadi di negeri itu membantu Kanada menjadi pemimpin global dalam industri pakaian luar. Kondisi itu tentu akan memperluas pilihan mode Pangeran Harry dan Meghan.

"Kamu tidak dapat menemukan negara yang lebih sempurna daripada Kanada, di mana kami memiliki empat musim penuh," kata Gingerich.

Pakar mode tetap berharap daya tarik publik terhadap Meghan Markle dan Pangeran Harry akan memancarkan cahaya yang lebih terang pada merek-merek rumahan di Kanada.

Meskipun, kepindahan pasangan ini ke Kanada didorong oleh keinginan untuk keluar dari sorotan.

"Dia wanita paling terkenal di dunia," kata McInnes tentang Meghan.

"Semua mata tertuju padanya," sambung dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/04/083230320/saat-meghan-markle-diharap-jadi-jurubicara-mode-untuk-kanada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke