Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Bersemangat Menjalani Hari? Coba Ini untuk Perbaiki Suasana Hati

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa beberapa aktivitas dapat membantu memperbaiki suasana hati?

Ada kalanya kita merasa suntuk, sedih, kalut, atau marah. Wajar bagi manusia untuk merasakan berbagi emosi negatif yang dapat merusak suasana hati atau mood. Namun, kita tidak boleh terus terjebak di dalam mood yang demikian.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati yang sedang gundah? Kamu dapat meningkatkan suasana hati dengan mencoba berbagai mood booster seperti berolahraga, mengucapkan hal baik kepada orang lain, dan sebagainya.

Apa saja mood booster yang bisa dicoba?

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk bisa membuat kamu tersenyum kembali. Cobalah beberapa tips di bawah untuk mencerahkan kembali hari-harimu:

1. Jangan membuat keputusan saat sedang stres

Saat sedang diliputi emosi negatif, seperti sedang sedih ataupun marah, kita akan menjadi rentan untuk mengambil keputusan tidak tepat yang akan disesali nantinya.

Keputusan-keputusan tersebut bukannya menjadi mood booster malah menjadi “bencana” baru. Oleh sebab itu, tenangkan diri dan jernihkan pikiran sebelum memberikan keputusan yang tidak bisa diubah kembali.

2. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Uniknya, tidur juga berguna menjadi mood booster untuk memperbaiki suasana hati. Tidur yang cukup atau tidur siang yang singkat dapat membantu meningkatkan mood.

3. Mengucapkan hal baik untuk orang lain

Siapa sangka, mengucapkan hal-hal baik langsung maupun di dalam hati mengenai seseorang dapat menjadi mood booster!

Bila sedang gundah, lihatlah orang-orang yang ada di sekitarmu dan katakan kepadanya atau di dalam hati betapa kamu berharap dia memiliki hari yang menyenangkan.

4. Meluangkan waktu dengan orang terdekat

Bertemu dengan sahabat ataupun keluarga dapat menjadi salah satu mood booster di saat sedang sedih. Kamu bisa mendapatkan dukungan, saran, maupun perspektif baru hanya dengan berbicara dengan mereka.

Mereka juga bisa menjadi tempat menceritakan keluh kesah yang sedang dialami. Kamu tidak perlu malu, sungkan, atau merasa bersalah untuk meminta waktu dan bantuan mereka saat sedang kesusahan.

5. Pergi ke luar rumah

Teman dan keluarga sedang sibuk? Jangan cepat-cepat sedih dulu, kamu bisa mencoba untuk pergi ke luar dan merasakan atmosfer menyenangkan yang ada di sekitarmu.

Rasakanlah udara segar, keberadaan manusia, dan hangatnya sinar mentari yang menerpa wajah. Cobalah untuk berjalan-jalan di luar rumah setidaknya selama 20 menit sambil menikmati suara, aroma, dan pemandangan.

6. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu mood booster yang berfungsi untuk meningkatkan hormon dalam tubuh yang dapat memberikan dampak positif terhadap suasana hati.

Kamu akan merasa lebih baik dan rileks setelah berolahraga. Beberapa olahraga yang bisa dicoba adalah yoga, taichi, dan aerobik.

7. Lakukan hobi atau hal-hal yang disukai

Setiap orang memiliki hobi atau kegiatan yang membuatnya lebih rileks dan senang. Meskipun merasa malas melakukannya, tetapi sebenarnya kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi mood booster.

Kamu bisa mencoba membaca buku, berjalan-jalan di taman, menyesap susu cokelat hangat sambil mendengarkan musik yang santai, dan sebagainya.

8. Bekerja secara perlahan dan realistis

Meskipun mood sedang tidak baik, terkadang pekerjaan tetap perlu diselesaikan. Jangan menambah stres dengan langsung mengerjakan semuanya sekaligus. Pecahkan pekerjaan menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dengan deadline yang realistis.

Misalnya, kamu bisa membersihkan rumah secara perlahan dengan memecah-mecahnya menjadi beberapa tugas kecil, seperti mencuci piring di jam satu, menyapu lantai saat sore hari, dan sebagainya.

Jangan memaksa diri jika belum mampu mengerjakan semuanya. Kamu perlu memberikan waktu kepada diri untuk memperbaiki suasana hati yang sedang turun.

9. Patahkan pemikiran negatif

Jangan biarkan emosi negatif mengalahkan kamu! Patahkan pemikiran negatif dengan menuliskan hal-hal positif mengenai diri dan situasimu sebagai mood booster, kemudian bacalah daftar tersebut berulang-ulang.

Kamu harus menyadari bahwa tidak selamanya emosi negatif akan muncul secara terus-menerus.

10. Menyadari bahwa keadaan tidak seburuk itu

Mood booster lainnya adalah dengan melihat keadaan orang lain yang mungkin jauh lebih tidak beruntung darimu.

Bukannya mencela, tetapi kita perlu menyadari bahwa sebenarnya keadaan yang sedang dialami mungkin tidak seburuk orang lain.

11. Pemikiran ‘semuanya terkoneksi’

Mood booster unik yang bisa dicoba adalah melihat ke kerumunan orang dan memikirkan bagaimana satu orang bisa berhubungan dengan orang lain dan kita. Memikirkan hal tersebut menimbulkan kebersamaan yang terkadang dapat memicu harapan.

Tips di atas hanyalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk meningkatkan suasana hati. Kamu bisa saja menemukan hal-hal lain di luar tips yang telah diberikan yang mampu menjadi mood booster.

Jika masih merasa sedih, marah, ataupun stres meskipun telah melakukan tips di atas, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikiater ataupun psikolog mengenai permasalahanmu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/04/114011020/tidak-bersemangat-menjalani-hari-coba-ini-untuk-perbaiki-suasana-hati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke