Salin Artikel

Memahami 3 Gaya Belajar Anak

Ada tiga gaya belajar pada anak yaitu kinestetik (gerak), visual (penglihatan), dan auditori (pendengaran).

Teori tersebut pun didukung oleh para peniliti di Vanderbilt University. Seperti kebanyakan teori pada umumnya, ada saja yang tidak mempercayai teori tersebut. Yang menolak, berpendapat bahwa teori itu tidak membantu karena guru dapat membuat asumsi tentang apa yang mungkin atau tidak mungkin dipelajari oleh sang anak.

Namun, ahli lain mengatakan memahami perbedaan-perbedaan ini dapat membantu pendidik dan guru untuk mengetahui pada bidang apa anak perlu dibantu.

Memahami bagaimana anak-anak kita belajar akan membantu kita mengadvokasi, mendukung mereka, dan juga mempersiapkan menghadapi setiap tantangan yang akan dihadapi kelak.
Sulit atau mudahnya mengetahui gaya belajar pada anak tergantung kepribadian anak Anda.

Jadi, mari kita uraikan ciri-ciri utama masing-masing dari tiga gaya belajar seperti dikutip dari Center for Parenting Education.

Gaya belajar Kinestetik

Anak-anak ini adalah tipe yang sangat menggunakan fisiknya, hampir tidak pernah berdiam diri. Gaya belajar ini yang paling mudah diidentifikasi dari yang lainnya.

Anak pembelajar kinestetik akan belajar paling baik menggunakan tubuh mereka. Ciri-ciri awal dari pembelajar kinestetik yaitu anak dapat berjalan dan berbicara lebih awal atau bayi yang suka bertepuk tangan dan menggunakan tangannya untuk memberi isyarat.

Tanda-tanda gaya belajar kinestetik:
- Koordinasi tangan-mata yang sangat baik
- Menikmati aktivitas menulis dan menggambar
- Memiliki kecenderungan untuk gelisah
- Menyukai olahraga dan aktivitas fisik

Cara terbaik untuk mendukung anak:
Fasilitasi anak dengan mainan lego atau mainan model untuk membuat tangan dan otak mereka sibuk, sediakan papan tulis sehingga anak dapat mencurahkan ‘isi kepala’ mereka, dan belajarlah untuk menerima kegelisah anak. Pada anak usia sekolah, sediakanlah alat peraga untuk mereka.

Gaya belajar Visual

Apakah daya ingatnya mengejutkan Anda? Mungkin anak Anda lebih menyukai menonton daripada anak kebanyakan atau mungkin mereka bener-benar suka melihat foto lama Anda. Hal tersebut berarti anak Anda adalah tipe visual.

Tanda-tanda tipe visual:
- Biasanya memiliki imajinasi yang hebat
- Mereka suka membaca buku
- Mereka memahami peta dan memiliki arah umum yang baik
- Memiliki ingatan yang baik terhadap orang, tempat, dan wajah

Cara terbaik untuk mendukung mereka:
Anak-anak dengan gaya belajar ini akan berpikir dengan baik di dalam ruangan yang secara visual menarik. Jadi, ciptakan lingkungan yang menyenangkan dengan menata meja, buku, dan mainan.

Selain media film, kita juga bisa membantu anak memahami pelajaran dengan memberikan contoh-contoh nyata. Misalnya mengajak anak praktik tentang gaya gravitasi dengan memakai pasir besi dan magnet.

Gaya belajar Auditori

Anak dengan gaya belajar auditori cenderung menyukai musik, mendengarkan dengan sangat baik, dan mengikuti arahan sesuai petunjuk.

Tanda-tanda tipe Auditori:
- Menyukai musik dan akan langsung bernyanyi jika mendengar lagu yang mereka tahu
- Suka mengobrol
- Cepat menangkap suara baru di lingkungan
- Sangat tertarik dengan alat musik

Cara terbaik untuk mendukung anak:
Gali minat belajarnya dengan cara menghafal (pengulangan), perhatikan latar belakang kebisingan di ruang belajar mereka, dan dorong mereka untuk bertanya.

Terkadang, mereka akan lebih mudah mengingat jika orangtua membantu membacakan materinya. Kita bisa melakukannya tak harus dalam waktu khusus, misalnya saat sedang melihat pelangi sehabis hujan, kita bisa menerangkan terjadinya pelangi.

Hampir tidak ada anak yang hanya memiliki satu gaya belajar saja, melainkan berupa kombinasi dari dua gaya tersebut. Dengan mengamatinya, kita bisa memahami apa gaya belajarnya dan cara yang tepat untuk membantu proses belajarnya.

(Devi Ari Rahmadhani)

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/07/111455820/memahami-3-gaya-belajar-anak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.