Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akupunktur, Cara Tradisional yang Efektif Redakan Nyeri Lutut

KOMPAS.com - Ketika mengalami nyeri lutut, tentu terasa sulit untuk berjalan seperti biasa.

Menaiki dan menuruni tangga adalah sebuah rintangan. Belum lagi, rasa sakitnya seringkali muncul dan membuat kita terbangun di malam hari.

Osteoartritis (OA) atau radang sendi adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri lutut kronis. Ini menyebabkan rasa sakit, radang dan kekakuan, sehingga sulit melenturkan dan membentangkan lutut.

Di banyak negara, dokter berusaha menghindari resep obat, terutama opioid, untuk nyeri kronis.

Penelitian menunjukkan, akupunktur menjadi cara efektif untuk mengobati rasa sakit dengan risiko sangat kecil bagi penderita.

Faktanya, akupunktur adalah salah satu perawatan yang direkomendasikan untuk nyeri lutut akibat osteoartritis dalam pedoman nasional para dokter.

Akupuntur adalah cabang pengobatan Cina tradisional, dengan sejarah dan garis keturunan yang kaya sejak ribuan tahun lalu.

Pengobatan ini dilakukan dengan cara memasukkan jarum setipis rambut ke dalam tubuh untuk meningkatkan efek penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi.

Pasien dengan artritis lutut memberikan respons baik terhadap akupunktur elektrik. Pada radang sendi lutut ringan atau sedang, dalam beberapa kali sesi akupunktur menunjukkan hasil yang baik.

Namun saat radang sendi lebih parah, akupunktur yang berkelanjutan diperlukan.

Akupunktur juga dapat dikombinasikan dengan perawatan konvensional seperti obat anti-inflamasi non-steroid, terapi fisik atau suntikan.

Selain itu, akupunktur menghilangkan rasa sakit dalam waktu singkat sampai operasi lutut dilakukan.

Berbagai studi klinis mendukung kemampuan akupunktur untuk meredakan nyeri osteoartritis, terutama di lutut.

Satu studi yang melibatkan 18.000 orang menemukan, akupunktur sangat membantu untuk banyak kondisi nyeri, termasuk osteoartritis lutut.

Selain efek anti-inflamasi, penelitian menunjukkan, akupunktur melepaskan endorfin opioid endogen --bahan kimia penghilang rasa sakit alami tubuh.

Jangan biarkan artritis atau nyeri lutut membuat kita terus-menerus kesakitan, sehingga membatasi kemampuan kita untuk berfungsi dan menikmati hidup.

Akupunktur adalah pilihan terbaik untuk mengurangi rasa sakit, radang dan kekakuan, serta menambah rentang gerak di lutut.

Hal itu dapat meningkatkan kualitas hidup, yang berarti kita dapat berpartisipasi lebih baik dalam kegiatan sehari-hari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/07/231512320/akupunktur-cara-tradisional-yang-efektif-redakan-nyeri-lutut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke