Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sudah Menikah Masih Gemar Masturbasi, Normalkah?

KOMPAS.com - Seks merupakan kebutuhan dasar manusia dan bagi pasangan yang sudah menikah, seks juga busa menjadi cara untuk semakin mempererat hubungan satu sama lain.

Namun, tak sedikit orang yang masih gemar melakukan masturbasi meski sudah menikah. Apakah hal ini normal?

Tak perlu khawatir, sebab Kepala Departemen Pengobatan Holistik dan Psikologi di Artemis Hospital, Gurgaon, India, Dr. Rachna Khanna Singh mengatakan bahwa masturbasi adalah aktivitas normal yang dilakukan oleh individu manapun, apapun jenis kelaminnya dan status pernikahannya.

"Jadi, tentunya tak masalah jika seorang laki-laki atau perempuan yang sudah menikah masih melakukan masturbasi," katanya seperti dilansir dari laman Times of India.

Ketika seseorang yang sudah menikah melakukan masturbasi, bukan berarti ia tidak puas dengan kehidupan seks bersama pasangannya.

Sebab terkadang, masturbasi hanyalah sesuatu yang mereka suka lakukan meskipun kehidupan seksual mereka sudah cukup memuaskan.

Bahkan, kata Rachna, ada pasangan yang sering bermasturbasi bersama.

Namun, pada beberapa kasus seseorang merasa kecewa ketika pasangannya bermasturbasi secara sembunyi-sembunyi.

Hal itu sebetulnya masuk akal. Sebab, banyak orang khawatir pasangannya akan berpikir ada yang salah dengan kehidupan seks mereka, jika salah satunya masih gemar melakukan masturbasi.

Padahal, biasanya alasan bermasturbasi bukanlah masalah tersebut, melainkan hanya sebatas kesenangan pribadi.

"Namun, jika kamu merasa ada yang salah, sebaiknya mengomunikasikan itu dengan pasangan karena komunikasi adalah kunci," ujarnya.

Jika perlu, tanyakan kepada pasangan apakah ada yang salah dengan kehidupan pernikahan kalian atau apakah ada yang perlu disampaikan.

Komunikasi terbuka tidak hanya membantu setiap orang untuk lebih memahami pasangannya, namun juga membuat kehidupan seks lebih memuaskan dan berwarna.

"Berikan kesempatan untuk sama-sama saling mengeksplorasi. Aspek utamanya adalah sebisa mungkin saling jujur dengan pasangan dan menyelesaikan segala hal bersama," ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/11/222439920/sudah-menikah-masih-gemar-masturbasi-normalkah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke