Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kurangi Pelukan dan Ciuman Bisa Cegah Penyebaran Corona?

KOMPAS.com - Virus corona termasuk dalam virus yang mudah menyebar melalui udara. Itu sebabnya menghindari aktivitas fisik dapat menjadi kunci untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pakar virologi Profesor John Oxford dari Queen Mary University mengatakan, orang dapat melindungi diri dari tertular penyakit dengan menghindari jabat tangan, pelukan, dan ciuman.

"Ini virus sosial," kata Oxford dalam program Today di BBC Radio 4.

"Saya pikir kita harus menggerakkan diri dalam tindakan sosial kita, bagaimana kita berinteraksi dengan orang-orang. Dan saya rasa itu sangat penting, lebih dari memakai masker. Itu adalah pengalihan total."

Ia menambahkan, virus corona menyebar lewat pernapasan biasa, tidak perlu ada percikan dari flu dan batuk.

Profesor Neil Ferguson dari Imperial College London mengatakan, dalam skenario terburuk, 60 persen populasi.

Tim peneliti dari Imperial College London, Inggris mengumumkan telah memulai pengujian vaksin virus corona pada tikus.

"Pada saat ini, kita telah menmasukkan vaksin yang kita ciptakan dari bakteri ke tikus," ujar salah satu anggota tim peneliti Paul McKay kepada AFP.

"Kami berharap, dalam beberapa minggu ke depan, sudah bisa menentukan respons yang terlihat pada tikus, baik di dalam darahnya, atau respons antibodinya pada virus corona," ujarnya.

Jumlah korban

Data terbaru menunjukkan, virus corona telah menginfeksi lebih dari 60.000 orang di China dan menyebabkan lebih 1.100 orang meninggal dunia sebagai ancaman serius bagi kesehatan masyarakat.

WHO menyarankan agar orang sering mencuci tangan dengan alkohol atau air hangat dan sabun, menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk dan menghindari kontak dengan siapa pun yang demam atau batuk.

Selain itu WHO menyebut agar kita mencari bantuan medis awal jika seseorang demam, batuk, dan sulit bernapas, serta berbagi riwayat perjalanan mereka dengan penyedia layanan kesehatan.

Hindari juga kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan dan permukaan yang tersentuh hewan ketika mengunjungi pasar di daerah yang terdampak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/14/061400020/kurangi-pelukan-dan-ciuman-bisa-cegah-penyebaran-corona-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke