Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Langkah Sederhana Mulai Rutin Berolahraga

MALANG, KOMPAS.com - Olahraga menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga kesehatan, selain pola makan yang baik dan tidur cukup.

Meski semua orang mengetahui betul bahwa olahraga adalah hal yang penting, masih banyak yang belum mempraktikannya di kehidupan sehari-hari.

Faktanya, banyak orang merasa kesulitan memulai rutinitas olahraga. Sebagian orang merasa terbebani karena harus meluangkan waktu pergi ke gym atau mengikuti kelas-kelas olahraga, sebagian lainnya bahkan sulit lepas dari pola hidup tidak aktif yang dijalaninya.

Padahal, memulai olahraga rutin tidak sulit, lho.

Ilmuwan nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD. menjelaskan, kita bisa memulai rutinitas olahraga dengan menyelipkan kebiasaan-kebiasaan baru kecil ke dalam aktivitas harian.

"Ambil hal yang sudah biasa dilakukan dalam hidup kita, itu akan jadi trigger lalu hubungkan dengan satu kebiasaan baru yang kecil."

Hal itu diungkapkan Matthew ketika ditemui di pabrik susu Greenfields di Palaan, kabupaten Malang, Jumat (21/2/2020).

Jika memulai olahraga dilakukan dengan mengatur target yang terlalu besar untuk diri kita, maka ada kecenderungan aktivitas tersebut tidak akan berlangsung dalam jangka panjang.

Misalnya, memulai rutinitas dengan menargetkan olahraga satu jam setiap harinya.

Sebaliknya, kebiasaan kecil yang diselipkan ke dalam beberapa rutinitas harian justru bisa menjadi kebiasaan jangka panjang.

Matthew mencontohkan, menyelipkan dua kali gerakan push up setelah menggosok gigi atau satu kali squat setiap baru bangun tidur di pagi hari. Kemudian, tingkatkan secara perlahan dari waktu ke waktu.

"Kalau bisa memulai itu, kita bisa membantu mencapai target kesehatan jangka panjang," tuturnya.

Namun, ingatlah bahwa olahraga juga perlu diimbangi dengan menerapkan pola makan sehat. Secara persentase, kesehatan tubuh dipengaruhi oleh pola makan sebesar 70 persen dan hanya 30 persen dari olahraga.

Perhatikan pola makan seimbang dengan memenuhi asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Olahraga penting untuk menjaga kesehatan tapi tidak bisa menjalani hanya olahraga, tapi pola makannya buruk," ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/21/165637820/langkah-sederhana-mulai-rutin-berolahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke