Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanda Produk Pembersih Wajah Tak Cocok di Kulit

KOMPAS.com – Seperti halnya tubuh, kulit wajah juga harus dibersihkan setiap hari. Meski begitu, dengan semakin banyaknya produk perawatan kulit dan kosmetik yang dipakai setiap harinya, dibutuhkan produk yang bisa membersihkan menyeluruh.

“Peran sabun muka saat ini makin rumit, karena bukan cuma harus membersihkan debu atau sel kulit mati, tapi juga sisa makeup. Apalagi saat ini banyak sekali produk yang dipakai dan berlapis-lapis,” kata dr.Eddy Karta Sp.KK dalam acara yang digelar oleh Senka di Jakarta (18/2).

Dengan begitu banyaknya pilihan produk pembersih wajah, sebagai konsumen terkadang kita bingung memilih yang tepat.

Menurut Eddy, banyak orang salah memilih produk karena tidak tahu jenis kulitnya.

“Pasien saya datang berobat karena sudah putus asa dengan kulitnya yang berminyak, sampai-sampai ia pake sabun pencuci piring untuk cuci muka karena bisa membuat wajahnya kesat dan tidak mengilap,” ujarnya.

“Minyak di wajah bukan hanya dimiliki oleh tipe wajah berminyak, tapi juga bisa terjadi pada semua jenis kulit karena faktor dehidrasi, udara kering, dan paparan AC,” kata dokter yang berpraktik di klinik C(E)K Jakarta ini.

Hal utama yang harus diperhatikan saat memilih pembersih wajah adalah kelembaban kulit tetap terjaga.

Kulit yang kehilangan hidrasinya atau kering akan memicu produksi sebum lebih banyak, dengan begitu komedo dan jerawat juga mudah muncul.

Tanda tak cocok

Eddy menjelaskan, ada beberapa tanda produk yang kita pakai tidak cocok di kulit, yaitu kulit terasa kencang seperti ditarik, kering, perih, muncul komedo, dan setelah memakai make up kulit terasa gatal.

Ketidakcocokan itu bisa disebabkan karena kandungan dalam produk terlalu keras dan memberikan reaksi pada kulit, cara penggunaan yang tidak sesuai anjuran, atau ada reaksi dengan produk skincare lain, seperti masker atau serumnya.

Untuk itu ia menyarankan memilih pembersih wajah yang mampu membuat kulit tetap lembab dan tetap ternutrisi. Jangan ragu untuk mengganti produk jika dirasa tidak cocok.

Memakai toner setelah mencuci muka juga tak boleh dilewatkan agar kulit tetap segar dan terhidrasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/23/183100220/tanda-produk-pembersih-wajah-tak-cocok-di-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke