Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Batik, Tari, dan Kuliner Nusantara di Universitas Coimbra, Portugal

Pameran budaya pada Rabu (26/2/2020) ini menampilkan peragaan busana batik dan pakaian tradisional Indonesia bertajuk “PPI Portugal & Friends”.

Banyaknya masyarakat internasional -termasuk di Portugal yang tak mengetahui keindahan dan keberagaman Indonesia, menjadi latar belakang digelarnya acara ini.

Demikian diungkapkan Ika Yuwiani Puspasari, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Portugal, seperti tertuang dalam siaran pers KBRI Lisbon yang diterima Kompas.com.

"Kami berharap pameran Indonesia: A Splendid Paradise, Sense The Beauty ini dapat memperkenalkan, bahwa Indonesia adalah satu negara yang memiliki keindahan laksana kepingan surga yang jatuh ke bumi," kata Ika.

Pameran budaya Indonesia ini merupakan yang pertama kali diadakan di Coimbra.

Ika menyebut, posisi Universitas Coimbra, sebagai perguruan tinggi terkemuka di Portugal, dipandang sebagai wadah yang sangat efektif untuk melakukan kegiatan promosi.

Dalam acara ini, kata Ika, PPI Portugal ingin memberi sumbangsih dalam mempromosikan Indonesia di Portugal.

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar RI di Lisbon Ibnu Wahyutomo bersama Wakil Rektor Universitas Coimbra, João Nuno Calvão da Silva.

Sebelum membuka kegiatan, Ibnu diajak untuk mengunjungi Jardim Botânico, kebun yang dibangun sejak tahun 1772 dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman dari berbagai belahan dunia.

Selain peragaan busana, juga terdapat pameran fotografi, pameran batik dan tenun, persentasi program beasiswa Indonesia, serta penampilan tari tradisional Indonesia.

Tak lupa, pengunjung dapat menikmati sajian kuliner Indonesia seperti rendang, sate ayam, bakso, gado-gado, nasi kuning, dan beberapa jajanan pasar.

Pameran budaya Indonesia merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh PPI Portugal.

Diharapkan pada tahun mendatang, kegiatan ini dapat menjaring lebih banyak pengunjung, demi memperbanyak informasi dan pengetahuan tentang Indonesia bagi publik di negeri itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/28/101856120/batik-tari-dan-kuliner-nusantara-di-universitas-coimbra-portugal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke