Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adakah Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut?

KOMPAS.com - Setelah melihat hasil potongan rambutmu di salon, alih-alih merasa senang, kamu justru sedih dan menyesal karena hasilnya terlalu pendek.

Mengembalikan rambut yang telah dipotong tentu tidak mungkin. Yang bisa kamu lakukan hanya menunggu rambutmu tumbuh panjang kembali.

Tapi sebenarnya, adakah yang bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut? Spesialis kulit Wilma Bergfeld, MD, memberi saran soal hal itu.

Pertumbuhan rambut

Pertumbuhan rambut di kepala terjadi dalam sebuah siklus. Setiap saat, sekitar 80% rambut tumbuh aktif. Sedangkan sisanya, baik dalam keadaan istirahat atau bersiap untuk mati dan rontok.

Jika rambutmu rontok sangat parah, segera temui dokter untuk menemukan penyebabnya, entah itu penyakit atau kekurangan nutrisi.

Tetapi jika masalahnya adalah karena dipotong - bukan karena rontok, kamu harus mengumpulkan kesabaran. Pasalnya, rambut tumbuh sangat sedikit sekitar 10 hingga 15 centimeter per tahun.

Tips untuk pertumbuhan rambut

Ketika kamu menginginkan rambut tumbuh lebih cepat, Dr. Bergfeld merekomendasikan tips ini:

1. Jaga kesehatan

"Jaga kesehatanmu," katanya. Abnormalitas hormon, anemia, dan defisiensi nutrisi lainnya dapat merusak pola pertumbuhan.

Sebelum bereksperimen dengan suplemen dan vitamin, Dr. Bergfeld merekomendasikan untuk berkonsultasi pada dokter lebih dulu, untuk mengidentifikasi adanya kemungkinan kekurangan nutrisi.

2. Diet seimbang

Diet bergizi lengkap penting untuk kesehatan seluruh tubuh dari ujung kepala hingga kaki, termasuk rambut di kepala.

Hindari pola makan yang menghilangkan kelompok makanan tertentu, Dr. Bergfeld memperingatkan.

Jika kamu menerapkan diet vegetarian atau vegan, pastikan kamu mendapatkan semua jenis protein dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi dapat membantu membuat rencana makan yang seimbang.


3. Lindungi rambut

Rambut yang lemah dan rusak akan patah jauh sebelum waktunya. Hindari perawatan bleaching dan bahan kimia yang dapat merusak rambut.

4. Jauhkan dari panas

Seperti halnya bahan kimia, penataan panas juga dapat merusak rambut. Cobalah untuk meminimalkan penggunaan pengering rambut dan curling iron.

Jika tak mungkin melakukannya, gunakan pelindung panas sebelum menata rambut.

5. Kenali jenis rambut

Halus, kasar, keriting, berwarna - jenis rambut yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda.

Jika rambutmu kering, misalnya, cuci rambut lebih jarang dan gunakan kondisioner yang lebih berat.

Jenis rambut halus atau sangat keriting, biasanya lebih mudah rusak. Hindari menyisir saat rambut basah dan gunakan produk yang dirancang untuk jenis rambutmu.

6. Rutin trim rambut

Menjadwalkan trim rambut secara rutin memang terasa berat di saat kamu ingin memanjangkan rambut. Tapi, trim rambut menjaga rambut tetap rapih dan tidak patah.

“Ujung rambut yang terbelah tampak seperti serabut seperti robekan di stoking. Kamu perlu memotong bagian itu," ujar Bergfeld.

7. Manjakan kulit kepala

Lihatlah ke akar masalahnya, Dr. Bergfeld menyarankan. "Jika kulit kepala gatal atau bersisik, itu berarti ada peradangan, yang bisa mematikan pertumbuhan rambut."

Untuk menjaga kulit kepala tetap sehat, cobalah sampo anti-ketombe atau hindari sampo dan kondisioner yang sangat wangi, yang dapat mengiritasi kulit sensitif.

"Jika kulit kepala sehat, rambut juga akan tumbuh sehat," katanya.

Bergfeld menambahkan, bahwa yang terbaik adalah melewatkan sampo dan serum yang mengklaim mengandung vitamin penumbuh rambut.

Karena, hingga kini memang belum ada formula ajaib untuk mengubah rambutmu menjadi Rapunzel.

"Tapi, banyak peneliti sedang mengerjakan ini," ujar Bergfeld.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/02/29/193308820/adakah-cara-mempercepat-pertumbuhan-rambut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke