Salin Artikel

Tak Perlu Panik Berlebih, Simak Tips Cegah Infeksi Covid-19

KOMPAS.com - Kabar ditemukannya orang yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia membuat banyak orang panik. Di grup-grup percakapan di ponsel banyak orang yang menyebut sulitnya mencari masker atau cairan antiseptik untuk tangan. 

Walau kita tetap harus waspada, tetapi jangan terlalu panik berlebihan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beberapa waktu lalu menyebutkan, salah satu yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan adalah selalu menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang bagus, kemungkinan terjangkit penyakit akan sangat kecil.

"Kalau imunitas tubuh baik, enggak mungkin (tertular virus corona). Namanya virus itu cari orang yang imunitas tubuhnya lemah,” ujar Terawan, akhir Januari lalu.

Jaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga dan menjaga asupan nutrisi, vitamin, serta mineral yang diperlukan tubuh.

Global Nutrition Health, Nutrition Expert YOUVIT Gummy Multivitamin, Rachel Olsen, BSc, memberikan beberapa rekomendasi sumber nutrisi untuk mencegah virus tersebut. 

1. Vitamin A

Vitamin ini terlibat pada produksi dan fungsi sel darah putih yang membantu mengeliminasi patogen (virus) dan mencegah adanya penyakit infeksi. Zat ini bisa didapatkan dari wortel, ubi, dan pepaya.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks diperlukan oleh lebih dari 100 enzim dalam tubuh. Saat fungsi enzim ini dapat optimal, maka dia akan membantu kerja sel imun dengan lebih baik. Makanan yang kaya dengan vitamin B antara lain sayuran hijau (seperti daun singkong, bayam, kangkung) dan kacang-kacangan.

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan anti-oksidan yang bagus untuk produksi sel-T (sel imun tubuh). Zat terkenal ini paling tinggi terkandung dalam jambu biji.

4. Vitamin D

Vitamin D merupakan ragam zat penting lain yang dapat memberikan tambahan lapisan perlindungan pada sel imun dalam tubuh sehingga pertahanan terhadap patogen bisa lebih maksimal.

Vitamin ini bisa didapatkan dari matahari ataupun makanan, seperti jamur kancing, ikan tuna, dan ikan salmon.

5. Vitamin E

Vitamin E memiliki fungsi signifikan untuk membentuk antibodi. Rachel menyebutkan bahwa vitamin ini memengaruhi pembentukan “natural killer cell” yang nantinya bisa “membunuh” benda asing seperti virus. Makanan yang tinggi dengan vitamin ini adalah kacang almond dan alpukat.

6. Selenium

Selenium dapat membantu memastikan produksi jumlah sel imun tubuh mencukupi. Kita bisa mendapatkannya dari jamur, telur, dan ikan-ikanan.

7. Iodium

Zat ini membantu memberikan asupan energi yang lebih baik agar kinerja sel imun dapat maksimal. Makanan yang tinggi iodium antara lain rumput laut, telur, dan ikan.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak memborong masker karena penggunaan masker hanya diperlukan untuk mereka yang sakit flu atau corona.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/02/125843720/tak-perlu-panik-berlebih-simak-tips-cegah-infeksi-covid-19

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.