Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada, Minuman Manis juga Tingkatkan Kadar Kolesterol

KOMPAS.com – Kadar kolesterol jahat yang tinggi selama ini hanya dikaitkan dengan makanan berlemak dan jeroan. Temuan studi terbaru menyebut, minuman manis ternyata juga bisa menyebabkan dyslipidemia atau kadar lemak darah yang tinggi.

Dislipidemia merupakan kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab stroke.

Dalam penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal of the American Heart Association, tim peneliti mengungkap bahaya konsumsi minuman manis setiap hari. Studi ini menganalisis data dari 6.000 orang berusia pertengahan selama 12 tahun.

“Kami sangat tertarik pada bagaimana konsumsi beragam jenis minuman berkontribusi pada perubahan lemak darah. Ada bukti dari studi observasi sebelumnya bahwa tingginya konsumsi minuman manis bisa meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata ketua peneliti Danielle Haslam seperti dikutip Healthline.

Studi yang dilakukan Haslam menemukan, orang dewasa yang minum minuman manis setiap hari memang beresiko lebih tinggi memiliki kadar kolesterol tinggi.

Minuman mengandung gula tinggi beresiko sampai 98 persen menyebabkan kenaikan LDL dan 53 persen kenaikan kadar trigliserida.

“Asupan gula dan diabetes memang berperan penting dalam kadar kolesterol,” kata Mark Peterman, dokter jantung dari Texas Health Plano.

Menurutnya, ada kaitan erat antara kolesterol tinggi, berat badan, dan diabetes, atau yang sering disebut sebagai sindrom metabolik.

Hal ini seharusnya menjadi perhatian banyak orang, mengingat saat ini kita dengan mudah menemukan minuman manis, tidak hanya dalam bentuk softdrink, tapi juga minuman kekinian seperti kopi susu, teh susu, hingga boba.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/03/064946120/waspada-minuman-manis-juga-tingkatkan-kadar-kolesterol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke