Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Pandji Pragiwaksono Jalani Plant Based Diet di Usia 40

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika Pandji Pragiwaksono sudah beberapa bulan terakhir menjalani plant based diet demi alasan kesehatan. Plant based diet sendiri merupakan pola makan dengan sumber nabati sebagai makanan pokok.

Pola makan ini mulai dijalaninya sejak menginjak usia 40 tahun.

"Beberapa tahun terakhir saya semakin fokus sama kesehatan. Olahraga saya coba rutin, makan juga lagi berusaha untuk plant based sudah dari akhir tahun lalu."

Hal itu diungkapkan Pandji ketika menghadiri Ensure Press Launch di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Hal yang memicu Pandji mengubah pola makannya adalah karena mulai merasakan sakit dan pegal setiap setelah bermain sepak bola. Padahal, ia sangat menggemari olahraga tersebut dan ingin terus bermain.

"Yang paling saya sedih kalau saya enggak bisa main bola lagi. Setelah main bola selalu sejam setelahnya badan sakit-sakit, jalan susah kayak pegal-pegal," ungkapnya.

Pada saat yang sama, suami dari Gamila Arief itu menonton film dokumenter Vegan the Game Changers yang membuatnya melihat lebih jauh tentang pentingnya kesehatan di masa depan.

Ada dua hal dalam film yang sangat menempel di pikiran Pandji Pragiwaksono. Pertama, plant based diklaim mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga tubuh tidak terasa sakit ketika berolahraga. Kedua, cerita para atlet yang berprestasi di usia senja.

"Penasaran, saya coba, eh ternyata terasa," kata Pandji.

Meski begitu, plant based diet baginya bukanlah ideologi, melainkan sebagai gaya hidup. Sesekali, mantan penyiar radio ini juga memberlakukan "cheat day" di mana ia masih mengonsumsi makanan kesukaannya.

Misalnya, masih mengonsumsi nasi padang dan nasi goreng. Namun, Pandji mengaku sudah tak makan daging, kecuali daging ikan.

"Tapi ternyata enggak susah kok. Nasi goreng enggak pakai telur aja sudah plant based, croissant almond, roti sama peanut butter sudah plant based. Nasi padang masih makan, pakai kuah, balado terong, singkong, perkedel jagung," katanya.

Seiring bertambahnya usia, Pandji juga mengupayakan rutin berolahraga. Setiap Senin dan Kamis ia rutin lari setiap pagi Pukul 05.00 hingga 05.45 serta bermain sepak bola atau basket setiap Sabtu.

"Olahraga lari bukan saya suka, tapi perlu," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/05/165538320/alasan-pandji-pragiwaksono-jalani-plant-based-diet-di-usia-40

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke