Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Saja Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

KOMPAS.com - Saat sedang musim sakit, tubuh sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit. Di saat demikian, daya tahan tubuh yang kuat adalah sesuatu yang perlu dimiliki. Salah satu caranya adalah dengan mencukupi asupan vitamin.

Sayangnya tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin. Oleh karena itu tubuh kita memerlukan asupan vitamin dari sumber lain.

Kabar baiknya vitamin yang dibutuhkan tubuh tersebut dapat ditemukan melalui makanan di sekitar kita.

Tapi sudah tahukan kamu jenis vitamin apa sayang yang dibutuhkan oleh tubuh kita agar tetap sehat? 

Agar bisa berfungsi dengan baik, tubuh memerlukan beragam jenis vitamin. Berikut adalah beberapa vitamin untuk daya tahan tubuh yang harus dipenuhi.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, kekurangan vitamin C dipercaya dapat membuat kita lebih rentan terkena penyakit seperti sariawan hingga flu.

Kita dapat mengonsumsi jeruk, paprika, bayam, strawberi, dan brokoli untuk memenuhi asupan vitamin C harian.

Vitamin D

Vitamin lain yang diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah vitamin D. Vitamin D ditemukan mampu mengaktivasi sel T untuk memproduksi lebih banyak senyawa fosfolipase C-y1 yang diperlukan oleh sistem imun tubuh.

Vitamin D bisa didapatkan melalui konsumsi ikan berlemak, seperti salmon dan tuna, keju, kuning telur, dan hati sapi.

Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang diperlukan untuk daya tahan tubuh yang kuat karena memiliki efek seperti antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Kita dapat mengonsumsi makanan tinggi karotenoid, seperti wortel, labu kuning, dan ubi. Senyawa karotenoid akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin E

Vitamin E bukan hanya sekedar vitamin untuk daya tahan tubuh saja, karena vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam berperang melawan infeksi penyakit.

Kita bisa mendapatkan vitamin E dari bayam, brokoli, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Vitamin B6

Vitamin yang satu ini berperan penting dalam proses reaksi kimia pada daya tahan tubuh. Untungnya, vitamin B-6 dapat ditemukan dengan mudah di ayam, salmon, tuna, dan sayuran berdaun hijau.

Apa lagi nutrisi yang perlu dipenuhi untuk memperkuat sistem imun tubuh?

Selain vitamin di atas, tubuh juga perlu memenuhi mineral-mineral lain yang dapat membantu mempersenjatai sistem imun, seperti:

Zat besi

Zat besi merupakan mineral penting yang membantu penyaluran oksigen ke dalam sel-sel tubuh. Makanan seperti kacang-kacangan, brokoli, ayam, dan produk laut dapat menjadi sumber zat besi.

Selenium

Mineral lain yang tak kalah manfaatnya dalam menyokong sistem imun adalah selenium. Selenium bisa ditemukan di tuna, jelai (barley), ikan sardin, bawang putih, dan brokoli.

Zinc

Zinc dapat membantu mengatur peradangan dalam tubuh dan mencegah respon sistem imun yang berlebih.

Kepiting, daging rendah lemak, ayam, yogurt, dan kerang adalah beberapa contoh makanan yang mengandung zinc.

Asam folat

Asam folat sangat berperan dalam pengaturan serta perkembangan sel tubuh dan DNA. Kita bisa memenuhi asupan asam folat dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.

Bagaimana dengan suplemen peningkat daya tahan tubuh?

Suplemen ataupun vitamin untuk daya tahan tubuh yang dijual di apotek dan toko kesehatan biasanya tidak dibutuhkan jika kita sedang tidak kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Kita juga tidak perlu mengonsumsi suplemen dan produk vitamin bila tidak sedang sakit atau memiliki penurunan sistem imun tubuh.

Normalnya, kita sudah bisa memenuhi asupan mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh melalui makanan.

Malahan, tubuh lebih mudah menyerap vitamin dan mineral dari makanan dibandingkan dari suplemen ataupun produk vitamin yang dijual di pasaran.

Bila kamu menderita kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen atau produk vitamin tertentu.

Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti aturan pemakaian yang tertera di label suplemen atau produk vitamin yang dibeli.

Salah satu cara mempertahankan sistem imun tubuh adalah dengan memenuhi asupan mineral dan vitamin untuk daya tahan tubuh. Namun, tentunya kita perlu mengonsumsi mineral dan vitamin lainnya yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

Konsumsilah berbagai variasi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, dan biji-bijian. Terapkan pola makan dengan nutrisi dan gizi yang imbang.

Apabila memiliki masalah dalam pola makan atau kekurangan vitamin atau mineral tertentu, konsultasikan dengan dokter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/09/202126120/apa-saja-jenis-vitamin-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.