Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Jantung

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan momok yang ditakuti oleh banyak orang. Penyakit ini bahkan digolongkan menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Data WHO tahun 2015 menunjukkan bahwa 70 persen kematian di dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular, dan 45 persen dari seluruh kematian tersebut terjadi karena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hal ini membuat kita harus lebih sadar dalam mencegah penyakit jantung dengan melakukan gaya hidup sehat.

Upaya mencegah penyakit jantung

Riskesdas pada tahun 2018 menunjukkan prevalensi penyakit jantung di Indonesia berdasarkan diagnosis dokter, yaitu sebesar 1,5 persen.

Provinsi Kalimantan Utara, DIY, dan Gorontalo menjadi wilayah dengan tingkat prevalensi yang paling tinggi.

Tingginya prevalensi tersebut membuat kita harus berhati-hati dan mulai melakukan langkah-langkah pencegahan penyakit jantung, antara lain:

Diet jantung sehat

Dalam diet jantung sehat, kita harus lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah, kacang-kacangan, daging dan ikan tanpa lemak, makanan olahan bebas lemak, serta biji-bijian utuh.

Sementara itu, batasi atau kurangi asupan garam, gula, karbohidrat olahan, alkohol, lemak jenuh (daging merah, produk susu penuh lemak), dan lemak trans (makanan cepat saji, keripik) agar jantung senantiasa sehat.

Mengontrol tekanan darah

Lakukan pemeriksaan ini setidaknya setahun sekali, namun jika memiliki riwayat darah tinggi maka kamu harus memeriksanya lebih sering. Kamu juga harus melakukan pola hidup yang benar untuk mengendalikan tekanan darah.

Menjaga kolesterol tetap normal

Untuk menjaga kadar kolesterol dan trigliserida tetap terkendali, maka kita harus melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin.

Perubahan gaya hidup dan obat-obatan mungkin akan direkomendasikan jika kita ingin menurunkan kolesterol.

Mengontrol kadar gula darah

Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pemeriksaan diabetes secara rutin untuk mengendalikannya.

Menjaga berat badan normal

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga berat badan tetap dalam kisaran yang normal.

Kita dapat melakukan perhitungan indeks massa tubuh untuk menentukan apakah memiliki berat badan yang ideal ataukah tidak.

Jika kamu memiliki berat badan berlebih, cobalah untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan dapat membantu mengurangi lemak dalam darah, menurunkan gula darah, dan mengurangi risiko diabetes tipe-2 sehingga terhindar dari penyakit jantung.

Berhenti merokok

Bahan kimia dalam rokok tentu saja bisa merusak jantung dan pembuluh darah.

Di samping itu, asap rokok juga bisa mengurangi oksigen dalam darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung karena jantung bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh.

Oleh sebab itu, berhentilah merokok karena dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Bahkan bila kamu bukan perokok, hindarilah paparan asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif.

Batasi minum alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Selain itu, kebiasan ini juga bisa meningkatkan kalori ekstra pada tubuh sehingga berat badan bisa naik. Kedua kondisi tersebut dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Dalam mencegah penyakit ini, kita perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol. Jika kamu seorang pria, jangan minum lebih dari 2 gelas alkohol per hari. Sementara, wanita, jangan minum lebih dari 1 gelas per harinya.

Rajin aktivitas fisik

Aktivitas ini juga dapat membuat kita mengontrol berat badan sehingga mengurangi peluang untuk memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes yang dapat memicu penyakit jantung.

Kita dapat melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda. Pastikan tidak melakukannya secara berlebihan.

Tidur dengan cukup

Sebagian besar orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam setiap malam untuk tidur. Aturlah jadwal tidur, serta patuhi kapan waktu untuk bangun dan pergi tidur di waktu yang sama setiap harinya. Buatlah suasana kamar nyaman sehingga lebih mudah untuk tidur.

Mengendalikan stres

Oleh sebab itu, kita harus dapat mengendalikan stres yang sedang alami. Terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan stres, yaitu meditasi, berolahraga, mendengarkan musik, menonton film komedi, berkumpul dengan teman, dan melakukan apa yang disukai.

Dengan melakukan berbagai upaya mencegah penyakit jantung tersebut, niscaya risiko terkena penyakit jantung bisa menurun.

Penting untuk melakukan langkah-langkah di atas dengan konsisten sehingga pencegahan yang dilakukan bisa efektif. Kita juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan saran yang dibutuhkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/12/204008420/yang-harus-dilakukan-untuk-mencegah-penyakit-jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke