Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Saja Penghilang Bau Badan Alami yang Bisa Bikin Harum?

KOMPAS.com - Selain menggunakan deodoran, kita bisa memilih penghilang bau badan alami sebagai alternatif untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh.

Tak hanya menghilangkan bau badan, deretan penghilang bau badan alami ini juga memiliki sejumlah khasiat lain bagi kesehatan.

Apakah pernah terpikirkan, bahwa bahan-bahan alami seperti daun kemangi yang biasanya disantap sebagai lalapan, ternyata bisa menjadi penghilang bau badan alami?

Selain daun kemangi, daun sirih, temulawak, bahkan jahe dan sayuran hijau juga masuk daftar penghilang bau badan alami.

1. Daun sirih

Kandungan antioksidan di dalam daun sirih berfungsi mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya bau badan.

Tak hanya kaya antioksidan, senyawa antibakteri di dalam daun sirih yang berperan sebagai penghilang bau badan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut, kebersihan organ vital, fungsi lambung serta kesehatan kulit.

Selain itu, daun sirih juga dapat melancarkan sistem pencernaan, mencegah risiko diabetes, menyembuhkan luka maupun peradangan, serta meredakan sakit kepala.

Untuk memperoleh khasiat daun sirih sebagai penghilang bau badan alami, kita dapat mengonsumsi air rebusan daun sirih maupun membasuhkannya pada kulit ketika mandi.

3. Daun kemangi

Kandungan senyawa antibakteri dan antiseptik dalam daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan alami.

Meminum rebusan daun kemangi secara rutin 2 kali sehari diyakini dapat menghilangkan aroma tidak sedap pada tubuh.

Selain untuk menghilangkan bau badan, tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai lalapan ini juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, antara lain mencegah risiko penyakit kanker dan diabetes, menjaga fungsi ginjal, mencegah risiko penyakit dan stroke , meredakan stres, serta menjaga kesehatan kulit.

4. Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) merupakan salah satu tanaman rempah asli Indonesia yang sejak dahulu banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Selain dikenal akan khasiatnya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, tanaman herbal dengan kandungan saponin, flavonoid, kurkumin, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral ini juga berfungsi sebagai penghilang bau badan alami.

Selain menghilangkan bau badan, temulawak juga dapat memperlancar pencernaan, mengatasi penyakit sendi seperti osteoarthritis, mencegah kanker, menjaga kesehatan kulit serta organ dalam tubuh.

5. Jahe

Kandungan minyak atsiri, zingiberena, bisabolena, kurkumen, gingerol, dan felandren dalam jahe berperan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk bau badan.

Selain berfungsi sebagai penghilang bau badan alami, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, mencegah risiko penyakit jantung, mengatasi mual hingga mencegah kanker.

6. Sayuran hijau

Sebuah penelitian mengungkapkan, kandungan klorofil dalam sayuran hijau bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Beberapa sayuran hijau yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan aroma tubuh tidak sedap antara lain bayam, asparagus, sawi hijau, brokoli, dan kubis hijau.

Tak hanya sebagai penghilang bau badan, sayuran hijau juga bermanfaat untuk mencegah risiko penyebaran sel kanker, menyembuhkan luka, meregenerasi sel darah merah, menjaga kesehatan kulit, dan memperlambat tanda penuaan.

7. Buah dan sayur berserat tinggi

Penghilang bau badan alami lainnya yaitu buah dan sayur berserat tinggi seperti tomat, apel, alpukat, pisang, dan wortel.

Mengonsumsi buah dan sayur berserat tinggi, bisa membantu melancarkan proses metabolisme, dan pencernaan tubuh. Dengan demikian aroma tidak sedap yang dihasilkan keringat akibat proses pembakaran yang tidak sempurna, bisa dihilangkan.

Selain menggunakan penghilang bau badan alami tersebut, ada langkah-langkah sederhana yang bisa menjauhkan kita dari aroma tak sedap itu. Ketiga langkah ini terlihat sepele, tapi ternyata ampuh mengusir bau badan.

Rajin mandi:

Salah satu langkah menghilangkan bau badan paling mujarab adalah dengan membiasakan mandi 2-3 kali sehari.

Meski demikian, perlu dicatat untuk selalu menyeka air bekas mandi pada tubuh sekering mungkin. Sebab, tubuh yang lembap karena tidak dikeringkan secara sempurna setelah mandi, dapat memicu pertumbuhan jamur penyebab bau badan.

Menghindari makanan dan minuman penyebab bau badan:

Makanan dan minuman tertentu ternyata bisa menyebabkan bau badan. Jika ingin mengurangi bau badan, kurangilah konsumsi daging merah, bawang bombai, alkohol, kafein serta tembakau.

Sebagai gantinya, kita dapat membiasakan minum air putih, menyantap olahan daging unggas, ikan dan mengonsumsi sayuran hijau.

Menggunakan antiperspiran:

Gunakan antiperspirant saat tidur. Antiperspirant lebih maksimal bekerja saat tidur karena kita tidak sedang berkeringat.

Jika kamu menggunakannya setelah mandi di pagi hari, maka antiperspirant akan larut dengan keringat sehingga membuat tubuh tidak dapat melawan keringat.

Apabila bau badan tak kunjung hilang setelah mencoba bahan-bahan alami serta ketiga langkah di atas, berkonsultasilah dengan dokter. Sebab, mungkin saja ada kondisi kesehatan tersetentu yang memicu bau badan tersebut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/13/172630620/apa-saja-penghilang-bau-badan-alami-yang-bisa-bikin-harum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke