Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Air Bawang Putih Sembuhkan Corona, Mitos atau Fakta?

KOMPAS.com - Di tengah hangatnya pembahasan virus corona (Covid-19), banyak kabar burung mengenai solusi pengobatan rumahan yang dianggap ampuh mengobati virus corona.

Salah satunya air bawang putih yang diklaim mampu sembuhkan virus corona.

Sayangnya, tidak semua informasi yang tersebar di luar sana dapat dipercaya. Demi keselamatan bersama, ada baiknya kita tidak “menelan” mentah-mentah segala informasi yang belum ada bukti ilmiahnya. Apakah benar air bawang putih bisa sembuhkan virus corona?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kebenaran bawang putih sebagai obat virus corona, Anda juga perlu tahu kegunaan bawang putih di dalam dunia medis.

Selama berabad-abad, bawang putih memang digunakan sebagai obat alami dari berbagai macam penyakit. Contoh kecilnya adalah flu dan pilek yang disebabkan oleh virus.

Bahkan, bawang putih dipercaya bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit agar tidak menyerang tubuh kita.

Dalam sebuah studi, sekitar 146 responden yang sehat, diberikan suplemen bawang putih dan plasebo (obat kosong). Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi bawang putih berhasil menurunkan risiko penyakit pilek hingga 63%.

Selain itu, beberapa studi terdahulu juga menunjukkan, bawang putih memang memiliki sifat antivirus yang bisa melawan datangnya influenza A dan B, HIV, pneumonia yang disebabkan virus, hingga rhinovirus (yang sebabkan pilek).

Walau demikian, masih dibutuhkan studi terbaru untuk bisa membuktikan kemampuan bawang putih sebagai antivirus.

Bawang putih memang dikenal memiliki sifat antivirus. Namun, apakah benar air bawang putih bisa menyembuhkan virus corona?

Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), menyatakan bahwa informasi tentang bawang putih bisa menyembuhkan virus corona hanyalah mitos belaka.

WHO tidak menyangkal bahwa bawang putih adalah rempah-rempah yang menyehatkan tubuh. Namun WHO menegaskan, tidak ada bukti yang membenarkan bahwa bawang putih bisa menyembuhkan virus corona.

Bahkan, WHO juga mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih tidak bisa menjaga tubuh kita dari virus corona.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia juga mengatakan hal serupa. Melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto, Kemenkes menyatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak bisa menyembuhkan virus corona.

Secara ilmiah, menurut Achmad, belum ada obat yang bisa menyembuhkan virus corona. Bahkan, ia juga menegaskan, meminum air rebusan bawang putih tidak akan membawa efek apa pun.

Cara mencegah virus corona yang sesungguhnya

Daripada termakan dengan mitos penyembuhan dan pencegahan virus corona, ada baiknya Anda memahami berbagai cara mencegah virus corona yang sudah terbukti secara ilmiah.

Menurut WHO, beberapa cara mencegah virus corona ini dianggap efektif.

Mencuci tangan

Secara rutin, cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Jangan sampai ada area tangan yang terlupakan.

Sebab, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun berbahan dasar alkohol, terbukti bisa membunuh virus yang ada di tangan.

Menerapkan social distancing

Social distancing adalah upaya menjaga jarak antara Anda dengan orang lain. Setidaknya, jagalah jarak sekitar 1 meter (3 kaki) dari orang yang sedang sakit atau batuk.

Sebab, ketika seseorang bersin dan batuk, cairan tubuh (droplet) akan tersebar di udara. Siapapun yang berada di dekatnya, bisa menghirup droplet itu.

Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata

Mustahil rasanya menerapkan hal yang satu ini, mengingat segala benda dan permukaan yang tersentuh oleh tangan.

Jadi, hindarilah menyentuh hidung, mulut, dan mata supaya mengurangi risiko masuknya virus ke dalam tubuh, melalui tangan yang sudah terkontaminasi itu.

Jika merasakan gejala sakit, segera datang ke dokter

Virus corona memiliki beberapa gejala umum seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Jika beberapa gejala ini Anda rasakan, segeralah datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Jangan lupa untuk terus memantau informasi terbaru seputar virus corona. Sebab, penyebaran virus corona sangat cepat, Anda pun juga harus waspada terhadap penyebarannya itu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/21/152017320/air-bawang-putih-sembuhkan-corona-mitos-atau-fakta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke