Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Alasan Kamu Harus Cuci Muka Sebelum Tidur

KOMPAS.com - Setelah satu hari yang melelahkan dengan berbagai aktivitas, nyamannya tempat tidur tampak lebih menggoda ketimbang harus membersihkan wajah dari make-up dan debu sebelum tidur.

Ada kalanya kita meyakinkan diri bahwa melakukan hal tersebut sesekali bukanlah masalah. Tapi, masalahnya kita terus melakukannya pada malam-malam berikutnya. Sementara ini sangat membahayakan kesehatan kulit wajah.

Pentingnya mencuci muka bukan tanpa alasan, ini adalah bagian penting dari rangkaian perawatan kulit yang sehat.

Pasalnya, sepanjang hari kulit wajah kita telah melalui berbagai hal dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk memanjakan kulit wajah.

Jangan lupa, cara kita merawat kulit akan menentukan kecepatan perubahan tekstur kulit wajah. Karena itu, penting untuk memprioritaskan kesehatan kulit wajah.

Berikut enam alasan kamu harus cuci muka di malam hari sebelum tidur:

1. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Sel-sel kulit selalu berganti dan seiring waktu bisa terjadi penumpukan sel-sel kulit mati jika kulit tak rajin dibersihkan. Sel-sel kulit mati yang tidak terangkat inilah yang kemudian akan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, produk make-up yang digunakan juga dapat meresap ke dalam pori-pori kulit dan jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan semakin menyumbat pori-pori.

Membersihkan kulit wajah di malam hari, membantu menghilangkan semua kotoran dan sel kulit mati dari wajah, serta membuka pori-pori kulit.

Selain itu, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit setiap minggu. Ini dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih.

2. Mencegah Munculnya Jerawat

Pori-pori yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua alasan utama timbulnya jerawat.

Cuci muka di malam hari membebaskan pori-pori kulit dari sumbatan dan menghilangkan semua kotoran dari wajah Anda yang dapat menyebabkan munculnya bakteri.

Membiarkan make-up tetap menempel di wajah hingga tertidur juga berisiko dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti komedo dan noda hitam.

3. Melindungi Bulu Mata

Pernahkah memerhatikan kondisi bulu mata tanpa maskara? Apakah semakin menipis atau rapuh?

Lapisan maskara yang cukup banyak diaplikasikan pada bulu mata, akan membuatnya rusak perlahan.

Semakin lama menggunakan maskara, bulu mata bisa semakin kaku, rapuh, dan mudah patah.

Eyeliner yang kita gunakan sangat dekat dengan mata, juga mengandung beberapa bahan kimia yang tidak ideal untuk dibiarkan terlalu lama di dekat mata.

Membiarkan riasan mata hingga pagi hari tanpa cuci muka, bukan hanya berefek pada bulu mata, tapi juga dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata.


 4. Proses Peremajaan Kulit Akan Tertunda

Tidur nyenyak bukanlah lelucon. Tidur nyenyak punya banyak manfaat baik untuk kulit, termasuk meremajakannya di malam hari.

Kulit melepaskan sel-sel kulit mati dan memperbaiki dirinya sendiri di malam hari. Itu sebabnya kulit terasa lebih sehat setelah kita tidur 6 hingga 8 jam.

Tetapi ketika tidak mencuci muka di malam hari dan membiarkan tumpukan make-up dan denu tetap di kulit wajah, maka proses regenerasi kulit akan tertunda.

5. Produk Perawatan Kulit Terserap dengan Baik

Rutinitas perawatan kulit malam hari telah menjadi hal yang semakin penting dalam dunia kecantikan belakangan ini. Kita dapat dengan mudah menemukan pelembab malam hari dan krim malam berkualitas baik.

Produk-produk skincare ini membantu proses peremajaan kulit pada malam hari. Kulit akan menyerap kandungan dalam skincare tersebut semalaman saat kita tidur.

Tapi, tentu kita tidak bisa menggunakan produk tersebut pada kulit yang kotor. Dibutuhkan kulit yang bersih sebagai dasarnya untuk membuat skincare bekerja dengan baik.

Riasan wajah tidak akan membiarkan skincare terserap sepenuhnya. Karena itu, cuci muka dengan lembut dan menyeluruh, tepuk-tepuk sampai kering, dan kenakan produk perawatan kulit malam sebelum tidur.

6. Melawan Kulit Kusam

Kulit kita bersentuhan dengan banyak hal di siang hari, mulai dari make-up, debu, polusi, asap, dan berbagai hal lain yang kemudian menumpuk di kulit wajah dan dapat membahayakan kulit.

Seiring waktu, tanpa perawatan kulit yang tepat, maka semua itu akan membuat kulit terlihat kusam dan lelah.

Oleh karena itu, penting cuci muka di malam hari untuk melepaskan semua hal yang tidak diinginkan dan berbahaya dari wajah demi mendapatkan kulit yang indah dan sehat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/21/235024620/6-alasan-kamu-harus-cuci-muka-sebelum-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke