BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron
Salin Artikel

Jaga Daya Tahan Tubuh, Empon-empon Dipercaya Cegah Virus Corona

KOMPAS.com – Jumlah korban terinfeksi virus Corona Covid-19 kian bertambah setiap hari di Indonesia. Bahkan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga tertular virus ini.

Awal mula wabah Covid-19 di Indonesia teridentifikasi dari dua warga Depok yang berinteraksi dengan warga negara Jepang. Kini penyebaran virus kian meluas, sehingga siapapun dengan daya tahan tubuh lemah bisa tertular.

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (15/3/2020), juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah Indonesia menyatakan penyebaran virus corona sebagai bencana nasional.

Oleh karena itu, pemerintah mengimbau masyarakat bekerja dan belajar dari rumah. Sudah itu, masyarakat juga dianjurkan menerapkan social distancing atau menjaga jarak sosial minimal satu meter saat di tempat umum.

Situasi ini spontan membuat masyarakat cemas akan kesehatan mereka. Apalagi sebagian profesi masih harus bekerja di kantor dan bertemu banyak orang saat di perjalanan.

Dampaknya, suplemen banyak diburu, hand sanitizer menjadi barang langka, dan masker kesehatan habis di pasaran.

Hal yang lebih mencemaskan, vaksin dan obat penawar Covid-19 belum ditemukan. Namun, beredar informasi terkait empon-empon yang mampu menangkal virus ini.

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (4/3/2020), kabar soal empon-empon tersebut membuat omzet pedagang minuman herbal naik hingga 200 persen dalam dua hari sejak wabah virus ini diumumkan pemerintah.

Sebenarnya apa sih empon-empon hingga diburu masyarakat?

Menurut KBBI empon-empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional, di antaranya jahe, kunyit, temulawak, lengkuas, kencur, cabe jawa, lempuyang, dan sebagainya.

Rempah-rempah itu umum digunakan sebagai bumbu masakan nusantara, jamu, dan minuman hangat, khususnya bagi masyarakat Jawa.

Masih dilansir dari Kompas.com, Jumat (6/3/2020), empon-empon berfungsi mengobati penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Khasiat itu dipercaya masyarakat sejak berabad-abad lampau yang digambarkan pada relief Candi Borobudur, ada orang sedang membuat jamu dan meminumkan pada orang sakit.

Oleh karena itu, masyarakat meyakini secara turun-temurun pada besarnya khasiat empon-empon untuk kesehatan, sehingga minuman rempah ini populer saat epidemi virus Covid-19.

Jadi, sebenarnya belum ada bukti spesifik menyatakan empon-empon mampu tangkal dan obati virus corona.

Namun, Anda tak perlu khawatir mengonsumsi empon-empon karena sudah dinyatakan aman untuk kesehatan dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nomor HK.01.07/MENKES/187/2017 tentang formularium ramuan obat tradisional.

Meracik empon-empon sendiri

Daripada selalu antre beli minuman empon-empon, sebenarnya Anda bisa menanamnya atau beli bahan mentahnya saja. Kemudian Anda bisa meraciknya berulang kali di rumah.

Selain higienitasnya terjamin, Anda juga bisa menjaga social distancing di tengah wabah virus corona.

Cara buatnya cukup mudah kok! Siapkan bahan empon-empon seperti jahe, kunyit, dan temulawak.

Selanjutnya tumbuk bahan, seduh dengan air panas, saring, lalu sajikan selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan gula sesuai selera.

Jika tak memiliki banyak waktu merebus air, Anda juga bisa menggunakan air panas dari dispenser lho.

Namun, sebaiknya dispenser memiliki teknologi fast heating yang dapat memanaskan air dalam waktu singkat, sehingga seduhan empon-empon bisa cepat Anda nikmati.

Tak perlu cemas dengan tagihan listrik bulanan! Kini banyak produsen dispenser yang menyematkan teknologi watt rendah atau low watt pada produk mereka.

Hal terpenting, kualitas air minum harus sehat agar seduhan empon-empon efektif jaga kebugaran tubuh Anda. Tentu akan sia-sia khasiat minuman ini bila menggunakan air tidak steril dari dispenser berkarat.

Nah, itu sebabnya Polytron Hydra Dispenser PWC 778 dilengkapi fitur Hybrid Heating mode selections dengan opsi Fast Heating yang cepat memanaskan air dan low watt.

Selain itu, dispenser tersebut juga memiliki stainless steel pipe atau pipa stainless steel yang antikarat kuat, sehingga minuman herbal buatan Anda lebih sehat daripada beli di luar.

Sayangnya, terhindar dari virus penyakit saja belum cukup. Potensi cedera juga rentan terjadi saat Anda mengangkat galon ke dispenser. Beratnya galon juga bisa sebabkan Anda merasakan pegal linu.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (2/3/2020), ramuan empon-empon cabe puyang yang terdiri dari cabe jawa dan lempuyang bisa bantu atasi pegal linu lho. Namun, alangkah baiknya dicegah sebelum terjadi.

Oleh sebab itu, ragam jenis dispenser sekarang telah menempatkan posisi galon di bawah seperti Polytron Hydra Dispenser PWC 778.

Umumnya tipe itu disebut dispenser galon bawah dengan tiga langkah mudah atau 3 Easy Steps, yaitu pull (tarik), put (taruh), dan push (dorong).

Ya, kini bukan saatnya lagi Anda panik dan cemas dengan wabah virus Covid-19. Ramuan empon-empon bisa jadi alternatif sederhana untuk bantu jaga daya tahan tubuh Anda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/24/193647720/jaga-daya-tahan-tubuh-empon-empon-dipercaya-cegah-virus-corona

Bagikan artikel ini melalui
Oke